Logo Bloomberg Technoz

Seiring dengan tren Bullish Bitcoin dan Ethereum yang terjadi, total kapitalisasi pasar aset kripto berada di level US$2,73 triliun melesat 5,75% dalam 24 jam.  

Sejak ETF Bitcoin Spot telah disetujui regulator, miliaran dolar telah mengalir ke dalam ETF dalam beberapa minggu. Pekan kemarin, sebuah rekor tercipta ketika terdapat inflow mencapai US$2,7 miliar.

Jumlah itu merupakan yang tertinggi sepanjang ETF Bitcoin mulai diperdagangkan pada 22 Januari 2024. Adapun, Bitcoin tetap menjadi fokus utama bagi investor ritel dan institusi, dengan arus masuk US$2,6 miliar pada minggu ini.

ETF Bitcoin Spot telah menarik arus masuk beli bersih hampir menyentuh US$10 miliar sejak diluncurkan di dua bulan lalu, memicu lonjakan besar di pasar aset kripto, menurut Digital Asset Fund Flows Weekly dari CoinShares.

Di sisi lain, Memecoin juga mendapatkan angin segar berkat naiknya Bitcoin. Dalam periode tujuh hari perdagangan, hampir semua Memecoin mengalami kenaikan seperti halnya, FLOKI melesat 97,2%, NEAR Protocol meroket 76,9%, GALA melonjak 64,4% dan PEPE yang saat ini masih menjadi memecoin unggulan juga ikut menguat 17,7%.

Sentimen Aset Kripto Pekan ini

Blockchain Ethereum ETH sedang menantikan peningkatan Dencun yang akan diluncurkan pada 13 Maret 2024, yang diperkirakan akan menurunkan biaya transaksi (gas fee) pada jaringan layer-2 seperti Polygon MATIC, Arbitrum ARB, Optimism OP dan jaringan layer-2 lainnya.

Peningkatan ini menandai pergeseran menuju solusi lapisan dua untuk meningkatkan skalabilitas dan aktivitas jaringan Ethereum, yang berpotensi akan berdampak positif ke ekosistem Ethereum kedepannya.

Selasa kemarin, investor mencermati pembacaan Indeks Harga Konsumen dan Produsen (Consumer Price Index/CPI) yang memberikan gambaran arah kebijakan Federal Reserve terkait pemangkasan suku bunga acuan pada tahun ini.

Laporan IHK Amerika Serikat pada Februari tercatat di 0,4% MoM yang sejalan dengan ekspektasi pasar. Sementara itu, IHK tahunan masih di 3,2% YoY sedikit lebih kuat dari ekspektasi pasar sebelumnya 3,1%, namun hanya 0,2 poin di atas level terendah dalam 3,0% YoY pada Juni 2023.

Sedangkan laporan harga produsen AS akan dirilis pada hari Kamis (14/3/2024).

Tidak akan ada komentar dari perwakilan Federal Reserve minggu ini, karena periode blackout sebelum pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) pada 19–20 Maret 2024.

“Pasar aset kripto sedang dalam tren Bullish, Bitcoin mencetak harga tertinggi baru. Meski demikian, tentu saja sulit untuk mengetahui seberapa banyak Bitcoin bisa naik lagi dalam waktu dekat. Meskipun banyak yang merasa optimis, investor diharapkan waspada terhadap potensi jika terjadinya pembalikan arah,” jelas Panji.

Mengacu pada fear and greed indeks saat ini di angka 90 berada di wilayah “Keserakahan Ekstrim” atau extreme greed. Perlu diketahui (skor 0 sampai 49) zona Fear yang menunjukkan bahwa pasar undervalued, yang dapat menjadi sinyal waktu yang tepat untuk membeli, atau untuk Buy the Dip. Sementara zona Greed (skor 50 hingga 100), menunjukkan bahwa Bitcoin dianggap terlalu tinggi.

(fad/wep)

No more pages