Logo Bloomberg Technoz

Vinyl Taylor Swift-Rolling Stones Jadi Penyumbang Inflasi Inggris

News
12 March 2024 12:00

Taylor Swift. (Dok: Bloomberg)
Taylor Swift. (Dok: Bloomberg)

Tom Rees—Bloomberg News

Bloomberg, Piringan hitam atau Vinyl kini jadi salah satu penyumbang komponen inflasi di Inggris. Vinyl telah absen lama selama 32 tahun, namun kini kembali mengalami lonjakan peminat, khususnya dari musisi Taylor Swift dan The Rolling Stones.

Badan statistik di Inggris (The Office for National Statistics/ONS) mencatatkan piringan hitam atau Vinyl, yang sempat populer di era 1950-an masuk dalam komponen, bersanding dengan air fryers, rice cakes, dan roti gluten-free sebagai penyumbang inflasi. Hand sanitizer telah keluar dari produk inflasi pasca pandemi memudar dari kebiasaan belanja masyarakat.

Vinyl terakhir kali digunakan untuk membantu menghitung komponen biaya hidup inflasi pada tahun 1992, sebelum alat pemutar musik CD menggantikannya.

Kebangkitan vinyl telah membuat nilai penjualan piringan hitam mengalahkan nilai penjualan CD di Inggris baru-baru ini, dengan Taylor Swift dan The Rolling Stones yang meningkatkan penjualan tahun lalu ke level tertinggi sejak 1990, menurut kelompok perdagangan Industri Piringan Hitam Inggris.