Logo Bloomberg Technoz

Aset digital paling berharga saat itu tetap dalam tren kenaikan 4,4% dalam pergerakan harian, serta 4,9% lebih baik dibandingkan sepekan terakhir.

Keuntungan hampir 70% Bitcoin sepanjang tahun diikuti oleh altcoin atau token lebih kecil seperti  Ether (kenaikan 11,3% ), Solana (kenaikan 17,5%), dan Avalanche (kenaikan 16%). Keuntungan kripto terjadi bahkan ketika ekuitas bervariasi menjelang laporan utama inflasi AS, dilaporkan Bloomberg News.

Posis risk-on para pelaku pasar tercermin dari arus dana bersih telah masuk hampir US$10 miliar ke sejumlah produk ETF Spot Bitcoin dalam dua bulan di AS. Pasca dorongan ETF Spot, akan muncul “halving”,  yang paling dinantikan pada bulan April mendatang—ketika pertumbuhan pasokan Bitcoin akan berkurang setengahnya.

Baca: Definisi dan Pengertian Halving Bitcoin

Secara teknikal memperlihatkan meningkatnya arus minat investor institusi dan ritel. Open interest di pasar Bitcoin futures di Chicago (Chicago-based CME Group’s) mengalami lonjakan 44% dari posisi terendahnya tahun ini. , sementara rebound pada apa yang disebut tingkat pendanaan menandakan bahwa para pedagang semakin bersedia membayar premi untuk membuka posisi long leverage dalam Bitcoin.

Perps (perpetual futures) Bitcoin.

“Perps (perpetual futures) telah diperdagangkan dengan premi di atas US$80 sejak penembusan BTC pada pukul 07:00 (UTC), premi melonjak ke arah US$350 di tengah penembusan awal BTC seiring dengan meningkatnya minat terbuka,” kata Lunde.

MicroStrategy Inc, perusahaan perangkat software yang telah menjadikan pembelian Bitcoin sebagai bagian dari strategi, mengatakan pada hari Senin bahwa mereka menghabiskan US$822 juta untuk membeli lebih banyak token dari 26 Februari hingga 10 Maret.

Pada awal Maret Bitcoin masih diselimuti faktor ketidakpastikan, termasuk gejolak pasar saham China, dengan indeks CSI 1000 yang mengalami penurunan mengejutkan sebesar 8% dalam satu hari. Kala itu Bitcoin bereaksi dengan lonjakan yang mencolok, menyentuh level tertinggi lokal di US$43.515.

Reaksi spontan itu makin tak terbendung pada minggu kedua bulan Maret. Hal yang menjadikan lonjakan pada periode Februari berlanjut, sekaligus merupakan bukti dari hubungan volatilitas mata uang kripto dengan indikator ekonomi global.

- Dengan asistensi Elijah Nicholson-Messmer dan Sidhartha Shukla.

(wep)

No more pages