Logo Bloomberg Technoz

RUU tersebut, yang diperkenalkan pekan lalu oleh kelompok bipartisan yang dipimpin oleh Ketua Komite DPR China Mike Gallagher, akan memblokir toko aplikasi dan penyedia layanan Internet seperti yang dijalankan oleh Apple Inc dan Google Alphabet Inc untuk menawarkan platform tersebut, kecuali perusahaan induk TikTok di China - ByteDance Ltd - menjualnya dalam waktu enam bulan.

RUU tersebut mendapat dukungan pekan lalu ketika Komite Energi dan Perdagangan memberikan suara 50-0 untuk menyetujuinya.

Namun, para anggota Partai Republik di DPR dan Senat harus mempertimbangkan bagaimana langkah selanjutnya setelah Trump, calon dari Partai Republik dalam pemilihan presiden bulan November, mengatakan kepada CNBC bahwa dia tidak yakin hal itu harus dilarang.

Trump, yang telah menandatangani perintah eksekutif sebagai presiden untuk melarang TikTok, mengatakan bahwa Facebook milik Meta In., bukan TikTok, adalah ancaman sebenarnya. Dia juga menyatakan bahwa dia berhati-hati dalam mengasingkan generasi muda Amerika yang menggunakan aplikasi video pendek populer tersebut.

“Ada banyak anak muda di TikTok yang akan menjadi gila tanpanya,” kata Trump kepada CNBC. “Hal yang saya tidak suka adalah tanpa TikTok, Anda dapat membuat Facebook lebih besar, dan saya menganggap Facebook sebagai musuh masyarakat, bersama dengan banyak media.”

Trump berbicara ketika Kantor Direktur Intelijen Nasional mengeluarkan laporan tahunannya tentang ancaman global pada Senin, termasuk sebuah bagian yang mengatakan bahwa China dilaporkan menggunakan TikTok untuk menargetkan “kandidat dari kedua partai politik selama siklus pemilu paruh waktu AS pada 2022.”

Pada sidang di hadapan Komite Intelijen Senat, Direktur FBI Christopher Wray mengatakan ada kekhawatiran keamanan nasional yang “signifikan” terkait dengan TikTok, dan mengulangi peringatan sebelumnya tentang platform tersebut.

Pejabat dari FBI, Departemen Kehakiman dan Kantor Direktur Intelijen Nasional dijadwalkan memberi pengarahan kepada anggota DPR pada hari Selasa menjelang pemungutan suara pada hari Rabu mengenai RUU tersebut, menurut seseorang yang mengetahui rencana tersebut.

TikTok secara konsisten membantah bahwa mereka telah membagikan, atau akan membagikan, data pengguna AS apa pun dengan Beijing dan telah mencoba meredakan kekhawatiran AS dengan menghabiskan lebih dari US$1,5 miliar untuk mengisolasi operasinya di AS dan menyetujui pengawasan dari mitra Amerika Oracle Corp. undang-undang tersebut akan mengarah pada “larangan total terhadap TikTok di Amerika Serikat.”

Jumlah pedagang online TikTok di pasar Amerika. (Dok: Bloomberg)

Upaya legislatif sebelumnya untuk membatasi TikTok secara nasional telah gagal, dan upaya ini masih harus mengatasi hambatan legislatif di Senat, yang belum memiliki sponsor.

Namun yang penting bagi peluang RUU tersebut adalah, beberapa senator berpendapat bahwa undang-undang DPR mungkin juga mendapat sambutan baik dari mereka

“Kita tidak bisa membiarkan kesempurnaan menjadi musuh kebaikan,” kata Senator Mark Warner, ketua Komite Intelijen. “Ada beberapa cara agar kami bisa lebih yakin bahwa versi ini akan menghadapi tantangan hukum, namun versi ini mungkin lebih baik daripada versi tertentu sebelumnya.”

TikTok juga dilaporkan telah merekrut pendukung Trump dari Partai Republik untuk membela RUU tersebut. Politico melaporkan pada Senin bahwa Club for Growth yang konservatif membayar mantan ajudan Trump Kellyanne Conway untuk mengadvokasi TikTok.

Di kubu Demokrat, Ketua Kaukus Progresif DPR Pramila Jayapal mengatakan kelompoknya masih mengevaluasi RUU tersebut, sementara Perwakilan Demokrat Ro Khanna mengatakan dia menolak.

“Jika Anda ingin melindungi data masyarakat, sahkan undang-undang hak internet untuk melakukan hal itu, jangan melarang pidato politik 170 juta orang Amerika,” katanya dalam pesan di TikTok.

Mengenai komentar mantan presiden tersebut, “Trump akan melakukan apa yang akan dilakukan Trump,” kata Senator Shelley Moore Capito, seorang anggota Partai Republik dari West Virginia. “Aku akan berhenti di situ saja.”

“Apa permasalahan mendasarnya?” kata Kapito. “Keamanan online untuk kaum muda. Dan keamanan datanya.”

(bbn)

No more pages