Logo Bloomberg Technoz

Harga obligasi Treasury turun, dengan pelaku pasar bersiap menghadapi gelombang baru penjualan utang perusahaan berperingkat tinggi. Bitcoin mencapai US$72.000.

Menurut survei The Fed New York, proyeksi konsumen AS terhadap inflasi selama tiga tahun ke depan naik pada Februari - dan meningkat lebih tajam dalam jangka lima tahun. Angka-angka tersebut muncul menjelang data yang diperkirakan menunjukkan inflasi kemungkinan hanya sedikit berkurang bulan lalu - menggambarkan mengapa pejabat AS tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga.

Sebuah survei yang dilakukan oleh 22V Research menunjukkan 45% investor memperkirakan reaksi pasar terhadap indeks harga konsumen (IHK) pada Selasa akan berupa "risk off." Meskipun sebagian besar masih bertaruh IHK berada di jalur yang sesuai dengan kebijakan 2% The Fed, namun jumlah responden yang berpendapat kondisi keuangan perlu diperketat naik menjadi 36% dari 22%.

Meskipun S&P 500 telah jatuh hanya dalam empat hari pelaporan IHK dalam 12 bulan terakhir, volatilitas meningkat pada sesi-sesi tersebut tahun ini. Selama enam bulan terakhir, indeks saham telah bergerak sekitar 0,8% ke kedua arah pada hari IHK dirilis, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Itu merukapan angka tertinggi sejak April dan naik dari kurang dari 0,5% pada September.

"Perkiraan lebih banyak volatilitas di sekitar rilis tersebut karena investor terus menentukan arah suku bunga," kata Paul Nolte di Murphy & Sylvest Wealth Management.

Kekhawatiran juga diperkuat oleh tanda-tanda pasar yang kewalahan. Tidak mengherankan, menurut Sam Stovall di CFRA, bahwa beberapa indikator sentimen menunjukkan peningkatan "ketidakstabilan".

Di antaranya, dia mengutip survei American Association of Individual Investors yang menunjukkan tingkat bullish yang "sangat tinggi" dan Indikator Ketakutan/Keserakahan (Fear/Greed) CNN baru-baru ini mencatat "keserakahan yang ekstrem."

"Meskipun S&P 500 perlu dan akan mendapat keuntungan dari koreksi atas kenaikan baru-baru ini, sejarah menunjukkan untuk tidak menunggu terlalu lama sebelum menambah kepemilikan saham," tambah Stovall.

Bagi Anthony Saglimbene di Ameriprise, investor kemungkinan sudah memasukkan banyak kabar baik ke dalam harga saham dan mengantisipasi data yang masuk, yang mendukung narasi soft-landing.

"Saham kemungkinan terlambat untuk beberapa konsolidasi atau bahkan penurunan moderat yang berkelanjutan di beberapa titik dalam tahun ini," catatnya. "Tanpa perubahan signifikan dalam gambaran fundamental, kami menduga investor akan menyambut baik penurunan tersebut dan memperlakukannya sebagai peluang beli."

Selain itu, ahli strategi Bank of America Corp yang dipimpin oleh Savita Subramanian mengatakan reli di ekuitas AS yang dimulai tahun lalu tidak mencerminkan kondisi yang terlihat dalam siklus boom-and-bust sebelumnya. Seperti kesenjangan besar antara harga saham dan nilainya, atau penggunaan leverage yang signifikan.

"Sentimen terhadap ekuitas telah menghangat sejak pertengahan 2023, mendorong sedikit penurunan keyakinan kami pada pasar yang sedang naik, tetapi tidak berada di dekat level bullish dari puncak pasar sebelumnya," tulis mereka. "Menurut kami, bull market ini masih memiliki peluang."

Aspek lain adalah bahwa keuntungan yang kuat dari beberapa raksasa teknologi juga telah menurunkan valuasi yang sangat tinggi. Angkanya masih relatif tinggi - tetapi masih jauh di bawah puncak sebelumnya.

Magnificent Seven, yang merupakan saham-saham teknologi terkemuka, diperdagangkan mendekati rasio price-to-earnings rata-rata sejak 2015, menurut data yang dikompilasi oleh Bloomberg. Grup ini beranggotakan Apple Inc, Alphabet Inc, Amazon.com Inc, Meta Platforms Inc, Microsoft Corp, Nvidia Corp dan Tesla Inc.

Analis Wall Street semakin mengabaikan kekhawatiran seputar gelembung pada saham-saham megakapitalisasi teknologi AS yang terus tumbuh.

Tim di JPMorgan Chase & Co adalah yang terbaru terbaru yang menyatakan valuasi dari tujuh raksasa teknologi yang memimpin reli pemecah rekor di Wall Street saat ini lebih rendah dibandingkan dengan keseluruhan S&P 500 daripada rata-rata lima tahun terakhir.

“Ada kekhawatiran atas kinerja ‘Magnificent 7’ yang sangat kuat, tetapi kami perhatikan bahwa grup ini saat ini diperdagangkan tidak terlalu tinggi seperti beberapa tahun lalu, mengingat pendapatan yang dihasilkan,” tulis ahli strategi Mislav Matejka dalam sebuah catatan.

Bagi investor yang mempertanyakan seberapa jauh lagi S&P 500 dapat didorong oleh kelompok saham yang sempit itu, cakupan pasar saham AS sebenarnya telah meningkat. Sementara teknologi tetap dalam posisi terdepan, versi S&P 500 yang berbobot sama - di mana perusahaan seperti Nvidia Corp memiliki bobot yang sama dengan Dollar Tree Inc - baru-baru ini mencapai rekor.

“Aktivitas pasar minggu lalu menunjukkan peningkatan minat investor terhadap saham,” kata John Stoltzfus di Oppenheimer Asset Management. “Hal ini menyebabkan terjadinya aksi ambil untung di antara sektor-sektor yang telah berkinerja sangat baik sejak awal tahun selain rotasi dan rebalancing ke sektor-sektor, kapitalisasi pasar, dan sektor-sektor yang kinerjanya tertinggal.”

Menurut Trennert di Strategas, mengingat valuasi pasar yang tinggi dan imbal hasil Treasury 10 tahun yang relatif rendah, sulit untuk mengetahui berapa banyak peningkatan kinerja saham yang dapat dicapai dari level saat ini.

Aksi jual obligasi di bulan Februari - yang mendorong imbal hasil Treasury ke level tertinggi tahun ini - sebagian disebabkan oleh data indeks harga konsumen (IHK) bulan Januari yang panas, yang menunjukkan kekuatan mengejutkan dalam sektor jasa inti, area yang menjadi perhatian bank sentral AS. Sejak itu, pelaku pasar sekali lagi meningkatkan taruhan penurunan suku bunga mereka karena data ekonomi memperkuat pandangan bahwa The Fed mungkin dapat mulai menurunkan suku bunga akhir tahun ini.

Prospek positif untuk obligasi mencapai rekor tertinggi dalam survei klien mingguan Bloomberg.

Imbal hasil pada Treasury 10 tahun akan lebih rendah dalam sebulan, menurut 60% dari 238 responden dalam jajak pendapat MLIV Pulse terbaru. Itu adalah suara terkuat untuk obligasi sejak survei pertama kali mengajukan pertanyaan pada Agustus 2022. Survei dilakukan pada 4-8 Maret tetapi ditutup sebelum data penggajian non-pertanian (nonfarm payroll) pada Jumat.

(bbn)

No more pages