Logo Bloomberg Technoz

Puing Pesawat Smart Air yang Jatuh di Kaltara Ditemukan

Redaksi
10 March 2024 09:30

Ilustrasi Pesawat Smart Air yang alami kecelakaan (Dok. Humas Polda Papua)
Ilustrasi Pesawat Smart Air yang alami kecelakaan (Dok. Humas Polda Papua)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim SAR Gabungan berhasil menemukan jejak posisi jatuhnya pesawat Smart Air di Kalimantan Utara. Pesawat kargo tersebut diduga terjatuh di Bukit Narif, Krayan Tengah, Nunukan pada Jumat (8/3/2024). 

Berdasarkan informasi dari SAR Tarakan, tim menemukan tanda keberadaan puing pesawat tipe Pilatus Porter (PC 6) tersebut pada koordinat 3°43'45.80"N 115°56'54.45"E. Akan tetapi, tim gabungan belum bisa memastikan kondisi pesawat yang jatuh tersebut.

Lokasi jatuh pesawat berada di tengah hutan yang dekat perbatasan dengan Malaysia. Hingga saat ini, tim belum bisa melakukan evakuasi karena kesulitan akses dan lokasi.

Berdasarkan foto dan video yang beredar, tim SAR gabungan mendapatkan tanda keberadaan pesawat Smart Air usai mendekati lokasi munculnya asap. Berdasarkan pantauan udara, tim menemukan sejumlah point badan pesawat berada di pepohonan hutan.

Sedangkan asap putih diduga berasal dari api unggun. Pilot dan teknisi yang berada di pesawat diduga selamat dan membuat tanda lokasi dengan membuat asap. Kedua korban pesawat Smart Air yakni Capt M Yusuf dan Deni S.