Logo Bloomberg Technoz

Latihan Perisai Kebebasan AS-Korea Selatan mencakup pelatihan di darat, laut, dan udara untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan yang ditimbulkan oleh rezim Kim.

Wilayah Seoul adalah rumah bagi sekitar setengah dari populasi Korea Selatan dan sekitar 70% ekonominya. Wilayah ini juga berada dalam jangkauan unit artileri Korea Utara, yang dapat menembakkan hampir 5.000 peluru jarak jauh dan 25.000 peluru ke wilayah metropolitan dalam rentetan 10 menit yang dapat menyebabkan ribuan korban jiwa dan kerusakan parah, menurut sebuah studi oleh Rand Corp.

Pemimpin Korea Utara menetapkan nada perang untuk hubungan dengan Korea Selatan untuk memulai tahun ini dengan menghilangkan konsep unifikasi damai dari kebijakan nasional negaranya, dengan mengatakan bahwa ia memiliki hak untuk memusnahkan negara tersebut. Korea Utara juga mengadakan latihan artileri di sebuah pulau Korea Selatan di dekat perbatasan laut yang telah menjadi tempat konflik mematikan di masa lalu.

Pemerintahan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol percaya bahwa Korea Utara akan mencoba untuk meningkatkan profilnya menjelang pemilihan parlemen pada April. 

Partai Kekuatan Rakyat yang konservatif pimpinan Yoon, yang mendukung kerja sama militer dengan AS dan sikap keras terhadap Pyongyang, berusaha merebut kendali lembaga tersebut dari Partai Demokrat yang beroposisi, yang lebih mendukung pemulihan hubungan dengan Pyongyang.

(bbn)

No more pages