Logo Bloomberg Technoz

AS Resmi Masuk Proyek IKN, Beri Hibah Rp31 M Lewat USTDA

Pramesti Regita Cindy
07 March 2024 14:50

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)
Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono menyebut bahwa Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat atau US Trade and Development Agency (USTDA) menyatakan dukungan terhadap proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kemarin ada USTDA [yang masuk ke proyek IKN Nusantara]. Saya rasa itu lebih tepat ditanyakan [ke yang lain]. Forumnya dipimpin pak kepala OIKN [Bambang Susanto]," kata Agung ketika ditemui di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Amerika Serikat (AS) melalui USTDA dikabarkan bakal memberikan dana hibah senilai US$2 juta atau sekitar Rp31,31 miliar untuk mendukung infrastrutkur di IKN Nusantara.

Dilansir oleh laman Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia, Direktur USTDA  Enoh T Ebong diagendakan mengunjungi Indonesia pada 6—8 Maret 2024 guna membahas dukungan Negeri Paman Sam di proyek IKN Nusantara tersebut.

USTDA mendeskripsikan kunjungan tersebut sebagai penegasan dan mengembangkan lebih lanjut dukungan USTDA terhadap pembangunan berkelanjutan IKN.