Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bahas Palestina dan Tawarkan IKN di KTT ASEAN-Australia

Mis Fransiska Dewi
04 March 2024 12:20

Keterangan Pers Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 4 Maret 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 4 Maret 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan Australia atau KTT ASEAN-Australia yang mengangkat tema 'Partnership for The Future.' Dia mengklaim akan membahas tentang isu Palestina atau perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

"Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (4/3/2024).

"Serta kemajuan paradigma kolaborasi penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk dalam isu palestina." 

Selain acara resmi KTT, Jokowi akan melakukanpertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara. Beberapa di antaranya adalah perdana menteri Australia; perdana menteri Selandia Baru; dan perdana menteri Kamboja.

Dalam pertemuan tersebut, dia akan menjajaki sejumlah potensi kerja sama di bidang kendaraan listrik dan transformasi digital. "Belum sampai sedetail apa yang akan kita bicarakan tapi tentu saja itu akan kita bicarakan," kata Jokowi.