Logo Bloomberg Technoz

Pasar kecewa dengan kurangnya langkah tegas yang diumumkan pada pembukaan legislatif pada Selasa, sementara analis yang disurvei oleh Bloomberg menjelang konferensi hanya memperkirakan ekonomi akan berkembang sebesar 4,6% pada tahun 2024.

Konferensi pers bersama ini merupakan yang pertama kalinya dalam setidaknya satu dekade terakhir, di mana begitu banyak menteri ekonomi berbagi panggung untuk satu konferensi selama sesi legislatif.

Sebelumnya, para pejabat biasanya mengadakan konferensi pers dalam kelompok-kelompok yang jauh lebih kecil, kecuali pada tahun-tahun pandemi ketika banyak yang tidak menghadiri konferensi.

Peti kemas di pelabuhan Shenzhen, China./Bloomberg-Qilai Shen

Zheng mengatakan rencana China untuk menerbitkan 1 triliun yuan (US$139 miliar) obligasi pemerintah pusat khusus jangka panjang tahun ini akan mendorong investasi dan konsumsi. Dia menambahkan bahwa "pembangunan berkualitas tinggi" China mengalami kemajuan dan membawa keunggulan kompetitif baru, memberikan landasan yang lebih kuat bagi pertumbuhan ekonomi.

Laporan tahunan Perdana Menteri Li Qiang kepada pertemuan politik tahunan paling penting di China mempertahankan stimulus fiskal yang secara luas sama seperti tahun lalu, dan menghindari langkah agresif untuk meningkatkan konsumsi atau mengangkat sektor properti yang merosot. Pejabat Nomor 2 di China ini tidak secara langsung membahas kemerosotan negara Asia ini ke dalam deflasi beruntun terpanjang sejak tahun 1990-an.

People's Bank of China diperkirakan akan memberikan pemotongan yang lebih moderat pada suku bunga dan cadangan wajib bank-bank tahun ini. Bank sentral telah menggunakan langkah-langkah pelonggaran yang mengejutkan--seperti pemotongan rekor suku bunga hipotek utama--untuk memeras lebih banyak nilai dari tindakan-tindakan kebijakannya dalam beberapa bulan terakhir.

Para pejabat yang mengelola negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini sedang bergulat dengan rekor rendahnya kepercayaan konsumen, jatuhnya harga rumah, dan pasar kerja yang semakin kompetitif. Hal ini membebani konsumsi dan menyebabkan perang harga di antara para peritel, yang terhambat oleh melemahnya permintaan luar negeri yang membuat ekspor tahunan menurun untuk pertama kalinya sejak 2016 tahun lalu.

(bbn)

No more pages