Logo Bloomberg Technoz

Emas & Bitcoin Berlomba Capai Level Tertinggi Sepanjang Masa

News
06 March 2024 14:00

Bitcoin.
Bitcoin.

Richard Henderson - Bloomberg News

Bloomberg, Rekor tertinggi untuk Bitcoin dan emas dapat mengirimkan pesan yang beragam tentang minat terhadap risiko di seluruh pasar keuangan global.

Lonjakan harga Bitcoin dan emas secara bersamaan menandai rekor tertinggi pertama secara simultan untuk keduanya sejak Bitcoin muncul lebih dari satu dekade lalu. Namun, pendorong yang sangat berbeda biasanya dianggap menggerakkan setiap aset, saat emas telah bertindak sebagai tempat penyimpanan nilai yang aman selama ribuan tahun, sementara peran Bitcoin apa pun di luar spekulasi murni masih sangat diperdebatkan.

Bitcoin telah melonjak hampir 50% tahun ini, terbantu oleh aliran masuk ke dalam exchange-traded fund (ETF) AS yang baru diterbitkan yang secara langsung memegang mata uang digital tersebut. Kenaikan harga emas, bagaimanapun, dapat diartikan sebagai indikasi posisi defensif karena kekhawatiran tentang bahaya ketegangan geopolitik atau kemungkinan koreksi dalam saham global setelah rekor tertinggi yang diraih.

Satu cara untuk memahami hal ini, menurut Chris Weston, kepala penelitian Pepperstone Group Ltd, adalah dengan mempertimbangkan perilaku trader yang mengejar momentum jangka pendek di seluruh kelas aset.

Grafik perbandingan harga bitcoin dan emas. (Sumber: Bloomberg)