Logo Bloomberg Technoz

Bursa Eropa Naik Menyusul Asia, Terdorong Reli Saham Teknologi

News
04 March 2024 16:50

Ilustrasi bursa Eropa.
Ilustrasi bursa Eropa.

Tassia Sipahutar - Bloomberg News

Bloomberg, Reli di saham teknologi mendorong kenaikan bursa saham Eropa dan Asia menjelang beberapa acara penting minggu ini. Di antaranya termasuk pernyataan Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell dan Kongres Nasional Rakyat China (National People’s Congress/NPC).

Euro Stoxx 50 futures menunjukkan kenaikan saat pembukaan, mengikuti kinerja kuat di pasar AS pada Jumat (01/03/2024). S&P 500 mencapai rekor ke-15 tahun ini, sementara Nasdaq 100 naik hampir 1,5%.

Kenaikan kembali saham teknologi bergema di Asia karena produsen chip terkemuka dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, naik ke level tertinggi yang pernah ada. Sementara itu, indeks blue-chip Jepang, Nikkei-225 Stock Average, melampaui 40.000 untuk pertama kalinya.

Penembusan level tersebut "tentu saja merupakan level psikologis kunci, yang dapat memberikan beberapa resistensi untuk indeks dan membawa volatilitas," kata Charu Chanana, ahli strategi di Saxo Capital Markets di Singapura. "Tetapi ketika faktor struktural tetap mendukung, dan pelemahan yen berlanjut, kemungkinan besar ini menjadi sinyal bullish daripada memicu kekhawatiran bahwa saham-saham Jepang menjadi overbought."