Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Menguat, Didorong Reli Saham Teknologi

News
04 March 2024 12:47

Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Tassia Sipahutar - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Asia dibuka menguat, didorong oleh reli saham teknologi menjelang peristiwa penting minggu ini. Di antaranya pernyataan Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell di Kongres dan Kongres Nasional Rakyat China (National People’s Congress).

Saham teknologi mengungguli indeks saham regional, dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co dan Samsung Electronics Co memimpin kenaikan. Indeks acuan blue-chip Nikkei 225 di Jepang juga berhasil melampaui level 40.000 untuk pertama kalinya, sementara indeks Kospi Korea Selatan naik hingga 1,5%. Kenaikan mereka mengikuti reli kuat rekan-rekan mereka di AS pada hari Jumat.

"Level 40.000 untuk Nikkei 225 tentu saja merupakan level psikologis kunci, yang dapat memicu resistensi untuk indeks dan membawa volatilitas," kata Charu Chanana, seorang ahli strategi di Saxo Capital Markets di Singapura. "Tetapi ketika faktor struktural tetap menguntungkan, dan pelemahan yen berlanjut, ini kemungkinan akan menjadi sinyal bullish daripada memicu kekhawatiran saham Jepang overbought."

Pasar saham China berfluktuasi menjelang Kongres Nasional Rakyat ke-14, pertemuan parlemen tahunan di Beijing, yang akan dimulai pada Selasa. Investor menunggu langkah-langkah stimulus lebih lanjut untuk membantu ekonomi yang sedang lesu. Sebagian besar saham kesehatan melonjak karena mengantisipasi dukungan kebijakan dari kongres.