Logo Bloomberg Technoz

"Tapi ini berbeda."

Penyanyi dan perusahaan bertujuan untuk memanfaatkan musiknya melalui pertunjukan langsung, televisi, dan proyek lainnya. 

Menjaga penampil di depan publik, seperti yang telah berhasil dilakukan Pophouse dengan grup legendaris ABBA, dapat melindungi dan meningkatkan pengembalian stabil yang dihasilkan perpustakaan lagu.

Cyndi Lauper. (Sumber: Bloomberg)

Lauper, yang telah menjual lebih dari 50 juta rekaman selama empat dekade, menolak untuk memberikan komentar tentang syarat-syarat finansial dari kesepakatan tersebut, selain mengatakan bahwa Pophouse membeli "mayoritas" dari katalog tersebut. Dia tertarik oleh kemampuan perusahaan untuk menggabungkan musik dan seni melalui teknologi.

"Saya berpikir, 'Oke, mereka memiliki energi dan semua orang sangat kreatif,'" kata Lauper. 

"Dan itu memberi saya kesempatan untuk mengembangkan warisan saya daripada melihatnya di iklan. Saya memiliki rencana yang lebih besar."

Salah satu proyek kreatif yang direncanakan adalah pengalaman teater imersif yang mengelilingi dan menarik penonton masuk, mengikuti jejak ABBA Voyage. 

Pertunjukan tersebut, yang perdana pada tahun 2022, telah menjual lebih dari 2,1 juta tiket untuk pertunjukan yang menampilkan render tiga dimensi dari empat mantan anggota band.

Pophouse adalah investor terbesar dalam ABBA Voyage, dan sedang merencanakan usaha serupa dengan avatar dari band rock KISS, yang pensiun pada Desember setelah karier 50 tahun.

Penyanyi tersebut mengatakan, pertunjukan Lauper akan didasarkan pada wanita-wanita dalam hidupnya, berlatar di taman neneknya di distrik Queens, New York, dengan penyanyi itu berharap untuk mengambil panggung.

"Ini tentang orang-orang yang mempengaruhi saya — ibu saya, bibi saya, dan nenek saya," katanya. 

"Ketika saya melihat ABBA Voyage, saya memiliki ide untuk menghidupkan mereka kembali dan menghidupkan kembali seluruh lingkungan itu."

Cindy juga mengatakan, beberapa dekade dari sekarang, hologram bisa menggantikan Lauper di atas panggung. Waktu untuk pertunjukan masih belum pasti, menunggu keputusan tentang tur global potensial yang terpisah dari kolaborasi Pophouse.

Proyek potensial lainnya termasuk seri TV, festival, dan instalasi imersif. Musik Broadway Lauper, termasuk pemenang banyak Tony Award Kinky Boots, tidak termasuk dalam kesepakatan Pophouse.

Pophouse, yang didirikan pada tahun 2014, memulai usahanya dalam investasi musik pada tahun 2022 dengan mengakuisisi katalog DJ Avicii dan Swedish House Mafia, dua ekspor musik terbesar negara itu. Sebagai bagian dari kesepakatan, Pophouse juga membentuk usaha dengan penjual.

Transaksi terbaru lainnya dalam katalog musik termasuk akuisisi yang dilaporkan oleh Sony Group Corp. atas setengah dari katalog ikon pop Michael Jackson dari para wali amanatnya dengan harga minimal US$600 juta. 

Penyanyi Rod Stewart menjual hak penerbitan dan hak musik rekamannya kepada Iconic Artists Group milik Irving Azoff sekitar US$100 juta.

Pophouse, yang didirikan pada tahun 2014, memulai usahanya dalam investasi musik pada tahun 2022 dengan mengakuisisi katalog DJ Avicii dan Swedish House Mafia, dua ekspor musik terbesar negara itu. 

Sebagai bagian dari kesepakatan, Pophouse juga membentuk usaha dengan penjual.

Transaksi terbaru lainnya dalam katalog musik termasuk akuisisi yang dilaporkan oleh Sony Group Corp. atas setengah dari katalog ikon pop Michael Jackson dari para wali amanatnya dengan harga minimal US$600 juta.

Penyanyi Rod Stewart menjual hak penerbitan dan hak musik rekamannya kepada Iconic Artists Group milik Irving Azoff sekitar US$100 juta.

(bbn)

No more pages