Logo Bloomberg Technoz

Kini satu ATM bisa memfasilitasi seluruh layanan ada ada pada empat Bank BUMN. Pun demikian dengan perangkat Mesin Setor Tarik (CRM). Pengenalan integrasi telah dilakukan secara resmi pada September tahun lalu.

“Kami melakukan konsolidasi jaringan ATM. Cash point HIMBARA agar terintegrasi, hanya satu ATM. Integrasi ini memungkinakna Jalin melakukan penyebaran ATM dengan area yang lebih luas,” papar dia.

Dicky Kartikoyono, Kepala Departemen Sistem Pembayaran Bank Indonesia menambahkan memang digitalisasi layanan perbankan memang mengorbankan ATM. Semakin banyak masyarakat mengandalkan aplikasi perbankan.

“[Penggunaan] ATM turun, tapi tergantikan dengan yang lain,” papar dia.

Berdasarkan data PT Jalin, transaksi di ATM menurun seiring perubahan perilaku nasabah ke layanan mobile dan digital namun tetap tidak menghilangkan fungsi ATM sebagai cash point.

“Transaksi APMK masih mengalami pertumbuhan sebesar 1% YoY, dengan peningkatan terbesar dari tarik tunai 14% dan transaksi belanja 19%. Sementara untuk transaksi transfer baik intra turun 19%, maupun antara bank turun 14%,” tulis Jalin.

ATM Masih Tumbuh 4% Ditengah Masifnya Digitalisasi Keuangan

(prc/wep)

No more pages