Logo Bloomberg Technoz

Susun RAPBN 2025, Jokowi Akan Masukkan Program Prabowo-Gibran

Redaksi
26 February 2024 11:20

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman. (Instagram @prabowo)
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman. (Instagram @prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memasukkan program-program dari presiden dan wakil presiden hasil Pilpres 2024 ke dalam rancangan anggaran pendapatan belanja negara atau RAPBN 2025.

"Mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024. Tapi ini juga kita sambil tunggu hasil perhitungan resmi KPU [Komisi Pemilihan Umum]," kata Jokowi saat membuka sidang kabinet, Senin (26/2/2024).

Menurut dia, rancangan kerja pemerintah dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga keseimbangan pembangunan pada masa peralihan kepemimpinan. Dia mengklaim RAPBN 2025 memang harus disiapkan dengan memperhatikan kebutuhan dari presiden dan wakil presiden yang baru.

"Karena yang menjalankan APBN 2025 adalah presiden terpilih," kata Jokowi.

Hal ini semakin mempertegas posisi Pemerintahan Jokowi yang berniat membantu pelaksanaan sejumlah program unggulan pasangan calon nomor urut 02 pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Meski belum ditetapkan, berdasarkan real count KPU, keduanya diprediksi memenangan Pilpres dalam satu putaran dengan menguasai sekitar 57-59% suara nasional.