Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Pantau Migrasi Sistem TikTok-Tokopedia, Cek Updatenya

Mis Fransiska Dewi
23 February 2024 17:26

Ilustrasi Kerjasama Tiktok dan Tokopedia (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Kerjasama Tiktok dan Tokopedia (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan proses migrasi sistem aplikasi TikTok ke Tokopedia akan terus dipantau agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Proses migrasi sistem ini wajib dilakukan setelah TikTok Shop Indonesia kembali beroperasi dan di bawah kendali PT Tokopedia di mana TikTok menjadi pemegang saham pengendali.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan sepanjang pantauan Kemendag, saat ini masih dalam proses untuk memastikan aplikasi TikTok Tokopedia sesuai dengan ketentuan. Isy mengatakan, saat pertemuan dengan pelaporan progres integrasi pada awal bulan ini, diketahui bahwa proses migrasi sudah 75%.

"Namun diperkirakan sudah tinggal seperempat jalan [sisa 25%], kata Isy, di Jakarta, Jumat ini (23/2/2024). 

Berdasarkan laporan yang disampaikan, bahwa sesuai dengan target awal, diharapkan migrasi sistem keduanya akan segera selesai. Isy menjelaskan, untuk perkembangan migrasi sistem back end saat ini seluruh proses pembayaran sudah dilakukan pada sistem Tokopedia. Dengan demikian, migrasi sistem back-end seperti seller (merchant) sedang dalam proses namun sudah terlihat adanya transisi ke sistem elektronik yang dikelola langsung oleh Tokopedia.