Logo Bloomberg Technoz

Indomaret Sebut Pasokan Beras Ritel Sulit Pulih Tanpa Revisi HET

Dovana Hasiana
23 February 2024 13:50

Berbelanja Kebutuhan Makanan di Minimarket (Iya Forbes/Bloomberg)
Berbelanja Kebutuhan Makanan di Minimarket (Iya Forbes/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Indomarco Prismatama (Indomaret) mengatakan pasokan beras premium di gerai miliknya diprediksi bakal sulit kembali normal sebelum musim panen tiba, selama pemerintah belum melakukan revisi harga eceran tertinggi (HET).

Marketing Communication Executive Director Indomaret Bastari Akmal mengatakan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini cenderung memilih untuk membeli beras di ritel modern karena harga sesuai dengan HET dan lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar tradisional.

Dengan demikian, Indomaret melalui Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) telah mengusulkan agar harga jual di ritel modern dapat disesuaikan dari HET yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kondisi saat ini lebih murah dari harga beras di pasar tradisional, sehingga konsumen yang semula belanja di pasar tradisional beralih ke ritel modern. Jadi selama kendala-kendala di atas masih terjadi, cukup sulit diprediksi normal, kecuali musim panen tiba,” ujar Bastari saat dihubungi, Jumat (23/2/2024).

Selain itu, Bastari juga mengatakan pasokan beras premium dari penyuplai saat ini belum sepenuhnya normal.