Logo Bloomberg Technoz

Aktivitas Manufaktur AS Melonjak, Tercepat Sejak 2022

News
23 February 2024 06:50

Ilustrasi aktivitas manufaktur. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi aktivitas manufaktur. (Sumber: Bloomberg)

Vince Golle - Bloomberg News

Bloomberg, Aktivitas manufaktur AS mengalami kenaikan dengan laju tercepat sejak September 2022. Hal ini didorong oleh pertumbuhan pesanan yang lebih kuat, dan menunjukkan bahwa produsen mulai keluar dari kemerosotan yang berkepanjangan.

Purchasing Managers Index (PMI) S&P Global pada Februari naik menjadi 51,5 dari 50,7. Angka di atas 50 menunjukkan adanya ekspansi. Meskipun hanya sedikit, indeks tersebut telah menunjukkan adanya pertumbuhan aktivitas manufaktur dalam beberapa bulan berturut-turut. Rekor ini dicapai  untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun.

Indeks pengukur pesanan naik ke level tertinggi sejak Mei 2022. Sementara output pabrik meningkat paling tinggi dalam 10 bulan.

"Tanda-tanda kebijakan pengurangan persediaan yang semakin berkurang juga membantu meningkatkan produksi dan mempertahankan tingkat kepercayaan bisnis yang tinggi terhadap prospek tahun depan di antara produsen," kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di S&P Global Market Intelligence, dalam sebuah pernyataan.

Grafik aktivitas manufaktur AS. (Sumber: Bloomberg)