Logo Bloomberg Technoz

Pakar Peretasan: LockBit Rusia Terganggu Tetapi Tidak Mati

News
21 February 2024 18:15

Ilustrasi peretasan (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi peretasan (Dok: Bloomberg)

Jordan Robertson dan Ryan Gallagher - Bloomberg News

Bloomberg, Dua penangkapan. 20 delapan server disita. Dan 1.000 kunci dekripsi yang diperoleh yang dapat membantu korban peretasan di seluruh dunia mendapatkan data mereka kembali.

Penangkapan yang diumumkan pada Selasa terhadap geng peretasan yang terkait dengan Rusia, LockBit, yang menurut beberapa perkiraan bertanggung jawab atas seperempat dari semua serangan ransomware, mewakili apa yang digambarkan oleh lembaga penegak hukum di Inggris, Amerika Serikat, dan Eropa sebagai salah satu pukulan terberat yang pernah mereka lakukan terhadap peretas kriminal. 

Hal ini terjadi setelah lonjakan serangan besar tanpa henti dalam beberapa bulan terakhir oleh LockBit dan kelompok lainnya, yang telah menciptakan momok global dengan memeras para korban dengan mengunci sistem komputer mereka dengan perangkat lunak enkripsi dan mencuri data sensitif mereka.

Namun, episode ini juga menyoroti apa yang diakui oleh pihak berwenang yang sama, yaitu sifat perang melawan kejahatan dunia maya yang tidak pernah berakhir. Bahkan setelah kelompok peretasan seperti LockBit mendapat pukulan telak, mereka sering kali dengan cepat berkumpul kembali dan mulai menyerang lagi.