Logo Bloomberg Technoz

Blanchard menjadi orang terkini yang memperingatkan tentang lintasan yang mengerikan untuk utang AS setelah peningkatan tajam dalam defisit di bawah Presiden Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump.

Defisit besar yang terlihat tahun lalu telah menimbulkan kekhawatiran karena terjadi setelah kenaikan suku bunga dan ketika ekonomi sedang tumbuh. 

Menurut Congressional Budget Office, utang pemerintah AS yang dipegang oleh publik melebihi US$26 triliun pada tahun 2023, atau 97% dari PDB. Sehingga total utang pemerintah lebih dari 120% dari PDB.

Blanchard memiliki pendapat yang terkenal bahwa biaya fiskal dari utang lebih rendah selama suku bunga atas utang berada di bawah pertumbuhan ekonomi. Berbicara pada hari Selasa. 

Dia juga mengatakan memiliki sikap yang lebih tenang terhadap risiko spiral utang di negara lain, termasuk Inggris, di mana peminjaman pemerintah berada pada level yang terakhir terlihat pada tahun 1960-an sekitar 100% dari PDB.

"Saya tidak melihat krisis besar yang datang, lagi-lagi kecuali untuk AS di mana pada suatu titik itu akan terjadi, apakah itu dalam lima tahun, 10 tahun saya tidak tahu," katanya. 

"Seperti yang kita tahu, jika mereka mengalami kesulitan di AS, maka ini memiliki implikasi bagi seluruh dunia."

(bbn)

No more pages