Logo Bloomberg Technoz

Real Count KPU: Menpora Dito Berpotensi Tak Lolos di Jakarta I

Redaksi
18 February 2024 10:30

Menpora Dito Ariotedjo memberikan keterangan pers di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (01/08/2023). (Foto: Humas Setakb/Agung)
Menpora Dito Ariotedjo memberikan keterangan pers di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (01/08/2023). (Foto: Humas Setakb/Agung)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta I memiliki kuota 6 kursi atau calon legislatif untuk lolos ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Berdasarkan data penghitungan nyata atau real count, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumpulkan suara pada 4.774 dari 8.812 tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta Timur; atau setara 54,18%.

Perolehan suara sementara menunjukan tiga caleg memperoleh suara yang cukup dominan. Mereka adalah Politikus Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera yang memimpin dengan mengantongi 48.786 suara; politikus PDI Perjuangan, Putra Nababan dengan 30.460 suara; dan politikus Partai Gerindra, Habiburokhman dengan 27.184 suara.

Tiga caleg lain yang berpotensi memperebutkan suara sisa di dapil tersebut adalah politikus PAN, Eko Hendro Purnomo yang sudah mengantongi 25.958 suara. Artis dengan nama tenar Eko Patrio tersebut lebih unggul dari politikus PKB Hasbiallah Ilyas dengan 23.821 suara; dan politikus PDIP Sondang Tampubolon dengan 20.689 suara.

Di posisi ketujuh, terdapat politikus Partai Golkar Ario Bimo Nanditto alias Ditto Ariotedjo dengan 19.205 suara. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini berpotensi tak lolos jika perolehan suaranya terpaut jauh dengan enam caleg lainnya.

Meski demikian, peluang bagi Ditto masih cukup besar. Data KPU yang masuk masih sekitar separuh. Selain itu, dia masih bisa mendapatkan tambahan melalui suara partai politik. Suara ini berasal dari pemilih yang mencoblos lambang partai ketimbang nama caleg pada kertas suara.