Logo Bloomberg Technoz

Puluhan Ribu Petani India Protes, ke New Dehli Tekan Modi

News
16 February 2024 13:00

Barikade yang dipasang polisi di Ghazipur, berdekatan dengan Ibu Kota New Delhi. Fotografer: Prakash Singh/Bloomberg
Barikade yang dipasang polisi di Ghazipur, berdekatan dengan Ibu Kota New Delhi. Fotografer: Prakash Singh/Bloomberg

Pratik Parija dan Swati Gupta - Bloomberg News

Bloomberg, Puluhan ribu petani India melakukan aksi demontrasi menuntut jaminan harga panen tanaman pertanian dan keringanan utang mendirikan tenda untuk berkemah dalam perjalanan menuju ibu kota New Delhi, Jumat (16/2/2024). Mereka menunggu negosiasi akhir pekan ini dengan para pejabat pemerintah.

Ekspresi ketidakpuasan meluas lebih banyak di kalangan kelompok tani dan serikat pekerja memulai pemogokan nasional satu hari pada hari Jumat sebagai bentuk solidaritas terhadap tuntutan kelompok tersebut. Mengingatkan pada protes besar-besaran pada tahun 2020 dan 2021 yang melumpuhkan ibu kota, aksi para petani ini terjadi beberapa bulan sebelum pemilihan umum nasional di mana Perdana Menteri Narendra Modi akan mengincar masa jabatan ketiga dalam kekuasaannya. 

Pembicaraan pada Kamis malam dengan pemerintah tidak menemukan titik temu untuk mengakhiri perselisihan antar kedua pihak. Namun kantor berita ANI melaporkan bahwa diskusi lebih lanjut dijadwalkan pada hari Minggu.

Para pemimpin petani yang berbicara setelah pertemuan tersebut mengatakan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk melanjutkan pembicaraan secara damai sembari mencari solusi terhadap tuntutan para petani.