Logo Bloomberg Technoz

Lirik Pasar Internasional, PGN Sepakati Jual Beli LNG ke China

Sultan Ibnu Affan
12 February 2024 11:10

Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)
Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN telah menyepakati  bisnis jual beli gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) di perdagangan Internasional dengan tujuan negara China. Pengiriman perdana itu dilakukan pada 9 Februari di pasar Negeri Panda.

Direktur Utama PGN Aried Setiawan Handoko mengatakan kesepakatan tersebut sejalan dengan misi dan cita-cita perseroan untuk mewujudkan bisnis LNG 'going global'.

"Dengan memiliki portofolio penjualan energi tingkat global. LNG penting bagi rantai supply yang dimiliki PGN dan diharapkan menjadi penggerak revenue dari bisnis LNG internasional pada 2024,” ujar Aried dalam siaran resminya, Kamis (15/2/2024).

Perseroan mengatakan, bisnis LNG dengan Negeri Panda sedianya telah dijajaki sejak 2020—2021 bersama pemasok dan pembeli, sebelum akhirnya mencapai kesepakatan bersama untuk realisasi pengiriman LNG pada tahun ini.

Dalam prosesnya, PGN juga telah berkomunikasi secara intensif baik dengan pemasok maupun pembeli potensial LNG. Di samping itu, market intelligence juga dilakukan untuk pemasaran dan penetrasi LNG baik skala regional maupun global.