Logo Bloomberg Technoz

Jika kasus ini berhasil, lanjut mereka, produsen logam harus mengubah praktik penambangan mereka yang berbahaya jika ingin terus menjual produknya dan mengakses pelanggan melalui Bursa.

Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk meminta pertanggungjawaban pelaku kejahatan lingkungan hidup.

GLAN pun mengutip pernyataan tokoh masyarakat adat Papua Barat yang bernama Dolly, yang mengatakan, “Kasus ini adalah tentang perjuangan kami melawan pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari perusakan sungai, hutan, dan cara hidup masyarakat kami.”

“Komunitas kami mengalami dampak pertambangan yang mengancam jiwa, kami telah mengalaminya. tidak ada pilihan selain melakukan perlawanan ini karena jika kita tetap diam siapa yang akan berbicara mewakili kita?"

Perwakilan Freeport Indonesia belum memberikan komentar ihwal kasus gugatan terhadap LME yang mencatut logam dari wilayah operasi mereka di Indonesia.

Suasana aktivitas tambang nikel di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Senin (10/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)


Nikel Juga Digugat

Tidak hanya menyoal perdagangan logam dari Grasberg, GLAN juga menuntut LME karena diduga melanggar hukum Inggris dengan mengizinkan perdagangan nikel yang diproduksi dengan cara yang merusak lingkungan.

Meskipun mereka tidak menuntut ganti rugi, tuntutan tersebut berarti LME menghadapi tindakan hukum lebih lanjut selain kasus besar tahun lalu yang diajukan oleh Elliott Investment Management dan Jane Street mengenai keputusan untuk membatalkan perdagangan nikel senilai miliaran dolar pada 2022.

LME berhasil membela diri dalam kasus tersebut, meskipun Elliott mengajukan banding.

Kasus baru ini menyoroti meningkatnya pengawasan terhadap peran LME sebagai penjaga gerbang bagi produsen logam. Mereka telah berulang kali menghadapi seruan untuk melarang pengiriman logam Rusia ke bursa setelah invasi ke Ukraina, tetapi sejauh ini hanya menerapkan pembatasan jika diharuskan oleh sanksi.

“Tujuan kami adalah memaksa LME mengubah cara mereka menerima logam di bursa,” kata Stephanie Caligara, pengacara di GLAN, dikutip Bloomberg News.

“Jika kita dapat memberikan dampak pada tingkat tersebut dan menyebabkan LME mengubah kebijakannya, hal ini mungkin akan berdampak pada seluruh industri pertambangan.”

LSM-LSM tersebut berpendapat bahwa LME melanggar hukum Inggris dalam menangani hasil kejahatan dengan menyediakan platform untuk perdagangan logam yang diproduksi dengan melanggar hukum pidana lingkungan hidup.

Mereka menunjuk pada praktik penambangan yang “bermasalah” di Indonesia, Brasil, Peru, Papua Nugini, dan Rusia, dengan alasan bahwa penanganan logam yang diproduksi dalam kondisi yang dapat melanggar hukum pidana jika terjadi di Inggris dapat dianggap sebagai hasil kejahatan berdasarkan hukum Inggris Tahun 2002.

Jika klaim mereka berhasil, hal ini dapat berdampak pada perusahaan-perusahaan Inggris lainnya termasuk London Stock Exchange Group Plc, tempat banyak perusahaan pertambangan terdaftar.

Harga nikel di LME ./dok. Bloomberg

LME pada 2019 memperkenalkan standar untuk “pengadaan yang bertanggung jawab,” yang mengharuskan produsen yang logamnya diperdagangkan di bursa memberikan bukti bahwa mereka memenuhi pedoman Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mengenai uji tuntas rantai pasokan.

Peraturan ini juga mengharuskan produsen untuk memiliki sertifikat ISO 14001, yang menunjukkan bahwa mereka mempunyai sistem manajemen lingkungan.

Bulan lalu, LME mengatakan akan menangguhkan sekitar 10% merek yang terdaftar untuk diperdagangkan di bursa karena gagal memenuhi persyaratan tersebut.

Namun, standar LME tidak mencakup persyaratan apa pun mengenai dampak produksi logam terhadap lingkungan.

Melalui peninjauan kembali, LSM-LSM tersebut berusaha mengubah hal tersebut dengan membujuk hakim untuk memutuskan bahwa kebijakan pengadaan sumber daya yang bertanggung jawab yang dilakukan oleh LME adalah melanggar hukum.

Juru bicara LME mengatakan pihak bursa meyakini klaim tersebut “salah paham.” “Persyaratan pencatatan merek LME mencerminkan konsensus internasional mengenai praktik terbaik sehubungan dengan masalah etika dan keberlanjutan,” kata juru bicara LME dalam sebuah pernyataan.

Meskipun LME telah mengadakan diskusi dengan pelaku pasar mengenai penerapan persyaratan lingkungan tambahan, LME mengatakan bahwa belum ada konsensus global untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

(wdh)

No more pages