Logo Bloomberg Technoz

Kapal China Dapat Asuransi Murah untuk Berlayar di Laut Merah

News
07 February 2024 06:20

Tanker minyak melewati jalur perdagangan Laut Merah./dok. Bloomberg
Tanker minyak melewati jalur perdagangan Laut Merah./dok. Bloomberg

Alex Longley dan Áine Quinn - Bloomberg News

Bloomberg, Kapal-kapal dagang milik China mendapatkan diskon besar untuk asuransi mereka saat berlayar melalui Laut Merah. Ini tanda lain bagaimana serangan Houthi di daerah tersebut menghukum kepentingan komersial kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan negara barat.

Para militan mulai mengincar kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan Israel pada pertengahan November, sebelum memperluas target mereka dengan memasukkan kapal-kapal AS dan Inggris bulan lalu ketika kedua negara tersebut mengebom Yaman untuk memadamkan serangan-serangan tersebut. Insiden-insiden tersebut telah menyebabkan pasar asuransi bertingkat, di mana para penjamin emisi membedakan antara operator yang mereka tanggung.

Laut merah (Dok: Bloomberg)

Menurut orang-orang yang terlibat dalam pasar, meskipun gambaran keseluruhannya beragam, beberapa kapal yang terkait dengan Cina harus membayar sedikitnya 0,35% dari nilai lambung dan mesin mereka untuk mendapatkan asuransi untuk transit. Sebagian besar kapal membayar antara 0,5% dan 0,75%--meskipun jumlahnya bisa sangat bervariasi.

Diskon ini akan berarti penghematan sebesar $150.000 dan $400.000 untuk transit kapal dengan nilai lambung dan mesin sebesar $100 juta.