Logo Bloomberg Technoz

Studi: Wanita dengan Sindrom Ovarium Polikistik Rentan Demensia

Septiana Ledysia
06 February 2024 12:50

Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato/halfpoint)
Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato/halfpoint)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seorang wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) rentan dengan penyakit lain, seperti demensia.

Dilansir dari website Siloam Hospitals, sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome, yang biasa dikenal dengan sebutan PCOS adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. 

Tanda awal wanita yang mengalami sindrom PCOS adalah gangguan siklus menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen yang berlebihan. 

Pada dasarnya, sindrom ini umum dialami oleh wanita. Tapi bukan berarti dapat dianggap remeh atau dibiarkan. Jika tidak ditangani secara serius, PCOS bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan lain, seperti diabetes, masalah berat badan, dan gangguan fungsi jantung bagi penderitanya. 

Selain itu, dari studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology, menemukan bahwa orang yang menderita kondisi hormonal tersebut mungkin lebih mungkin mengalami masalah ingatan dan berpikir di usia paruh baya.