Logo Bloomberg Technoz

21 Negara Pelaku Dumping Barang ke RI, Tak Cuma China

Dovana Hasiana
06 February 2024 12:30

Peti kemas di pelabuhan Shenzhen, China./Bloomberg-Qilai Shen
Peti kemas di pelabuhan Shenzhen, China./Bloomberg-Qilai Shen

Bloomberg Technoz, Jakarta – Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) Kementerian Perdagangan mencatat China sebagai negara yang paling banyak terbukti melakukan praktik dumping ke Indonesia. 

Dumping merupakan praktik perniagaan tidak sehat (unfair trade) yang dilakukan suatu negara dengan cara menjual atau 'membuang' (dump) barang buatannya ke luar negeri, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di dalam negerinya. 

Dalam kaitan itu, Ketua KADI Donna Gultom menjelaskan China terbukti sebanyak 34 kali melakukan dumping ke Indonesia sepanjang 1996—2023. Berbagai produk dari Negeri Panda juga telah diganjar bea masuk antidumping (BMAD) untuk 50 kasus yang terbukti dumping.

“Ditengarai rata-rata China selalu bisa menjual dengan harga lebih murah. Dengan demikian, kalau kita punya industri dalam negeri yang memproduksi barang sejenis [dibandingkan] dengan [barang] yang impor dari China, mereka selalu mengeluh karena China bisa menjual murah,”  ujar Donna kepada Bloomberg Technoz, baru-baru ini. 

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Kasus Terbaru