Logo Bloomberg Technoz

Snap juga tengah merestrukturisasi organisasi dan mendorong kolaborasi secara langsung, kata salah seorang Juru Bicara Snap, dilaporkan Bloomberg News.

Snap telah melakukan pemangkasan besar-besaran pada bisnisnya sebelumnya. Pada tahun 2022, Snap memecat 20% karyawan, Snap juga memotong proyek-proyek yang tidak diharapkan dapat membantu pertumbuhan pendapatan atau teknologi augmented reality perusahaan.

Tren kenaikan jumlah karyawan Snap, induk Snapchat naik pada era pandemi dan berangsur turun efek bisnis iklan seret. (Dok: Bloomberg)

CEO Spiegel kemudian mengatakan kepada karyawan bahwa ia berharap mereka akan berada di kantor 80% dari waktu mulai awal tahun 2023.

Hanya empat bulan yang lalu, Snap mengumumkan bahwa mereka menutup divisi pembuatan layanan augmented reality untuk bisnis, menghentikan upaya terakhirnya mendiversifikasi perusahaan yang bergantung pada iklan. Penutupan bisnis ini diperkirakan akan memangkas 170 pekerjaan.

Saham Snap turun 3,1% menjadi US$16,51 waktu New York, usai kabar PHK muncul, sekaligus  mengikuti penurunan yang lebih luas di pasar saham.

Snap mengalami penurunan pendapatan iklan, seperti halnya banyak perusahaan media sosial lain. Cara PHK jadi paling efektif menangkal gelombang itu. Snap juga menghilangkan proyek-proyek yang tidak lagi menjadi prioritas.

Snap, induk dari aplikasi Snapchat, dan Meta Platforms Inc, sangat terpengaruh oleh langkah yang dilakukan Apple Inc terhadap kebijakan privasinya pada tahun 2021. Hal yang kemudian mempersulit pengiklan untuk melacak pengguna.

Meski begitu Meta telah bangkit, sementara Snap belum terlihat. Meta membukukan kenaikan penjualan sebesar 25% pada kuartal keempat, kenaikan kuartalan terbesar dalam dua tahun.

Snapchat. (Dok: Bloomberg)

Analis Insider Intelligence Jasmine Enberg mengatakan keputusan PHK Snap adakan petanda tidak baik perusahan di tengah rencana pengumuman hasil kerja kuartal keempatnya pada Selasa.

“Laporan blockbuster Meta adalah tindakan yang sulit untuk diikuti oleh Snap,” kata Enberg. Estimasi Enberg, Snap akan meraih pendapatan iklan yang menurun 3,3% pada 2023, dibandingkan tahun sebelumnya. 

Tiga bulan lalu, Snap melaporkan kembalinya pertumbuhan pendapatan setelah dua periode penurunan, tetapi memperingatkan bahwa kemajuannya mungkin terhambat oleh penundaan pengiklan yang disebabkan oleh perang di Israel dan Gaza. 

CEO Evan Spiegel mengatakan kepada karyawan bahwa pemutusan hubungan kerja (PHK) akan membantu Snap “mengatasi tingkat dilusi yang tinggi dari kompensasi berbasis saham,” dilansir dari The Information.

Kompensasi saham Snap setara 31% pendapatan, dengan perbandingkan di Pinterest hanya 23%. Meta justru mencatatkan biaya kompensasi lebih kecil dari pendapatan, sekitar 10%.

Dalam sembilan bulan pertama tahun lalu, Snap melaporkan kerugian operasional sebesar US$1,1 miliar setelah memperhitungkan sekitar US$1 miliar dalam biaya komputasi saham. 

“Dengan kata lain, tanpa stock comp, kerugian operasional Snap akan menjadi sekitar 100 juta dolar. Ini adalah pujian bagi Spiegel bahwa dia tidak hanya mencoba untuk mengatakan investor untuk melihat ke arah lain. Kemudian, investor jangka panjang, yang paling dirugikan oleh dilusi jumlah saham yang dihasilkan dari kompensasi saham, telah mungkin telah menjelaskan ketidaksukaan mereka terhadap kompensasi saham kepadanya. Sudah ada sudah ada tanda-tanda bahwa dia memperhatikan kekhawatiran mereka,” dilaporkan Martin Peers dari The Information.

PHK yang dilakukan Snap menambah daftar panjang pengumuman suram yang telah dibuat oleh perusahaan-perusahaan teknologi sejak awal tahun. Seluruh perusahaan teknologi mendorong pemangkasan biaya setelah membengkaknya pengeluaran selama pandemi.

Nama-nama seperti Microsoft Corp, induk Google, Alphabet Inc, Amazon.com Inc, dan Salesforce Inc merupakan contoh  dari sekitar lebih dari 100 perusahaan teknologi yang telah mengisyaratkan PHK dalam satu bulan terakhir.

Data yang dihimpun Layoffs.fyi PHK perusahaan teknologi telah berdampak pada hampir 32.000 karyawan.

Meta dan Amazon menambahkan nilai pasar gabungan sebesar US$336 miliar minggu lalu setelah mengalahkan estimasi pendapatan kuartalan dan prospek, memvalidasi strategi pengetatan ikat pinggang yang telah mendefinisikan industri teknologi pada tahun lalu.

PHK diratapi karyawan terdampak namun disambut baik para investor karena manajemen perusahaan mengambil langkah dalam menjaga pertumbuhan dan memotong biaya non-prioritas.

Snap memperkirakan bahwa PHK membuat ongkos pesangon baru sebelum pajak sebesar US$55 juta-US$75 juta, serta biaya lainnya termasuk US$45 juta – US$55 juta untuk pengeluaran kas di masa depan. Sebagian besar biaya ini akan terjadi pada kuartal pertama, kata Snap.

- Dengan asistensi Natalie Lung.

(bbn)

No more pages