Logo Bloomberg Technoz

Seruan Unpad: Presiden Harus Jadi Contoh Kepatuhan Hukum 

Dovana Hasiana
03 February 2024 11:10

Universitas Padjadjaran. (Sumber: website Unpad)
Universitas Padjadjaran. (Sumber: website Unpad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Universitas Padjadjaran (Unpad) mengeluarkan Seruan Padjadjaran sebagai tanggapan atas kondisi nasional yang dinilai menggambarkan penurunan kualitas demokrasi selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satu poinnya meminta agar Jokowi bisa menjadi contoh dalam kepatuhan hukum.

“Kami Civitas Akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) menyerukan agar presiden, para pejabat publik, kandidat calon presiden dan wakil presiden dan para elit politik serta masyarakat untuk turut bersama dalam penyelamatan negara hukum yang demokratis, beretika dan bermartabat,” ujar Ketua Dewan Profesor Universitas Padjadjaran, Prof Arief Anshori Yusuf saat membacakan seruan, Sabtu (3/2/2024).

Setidaknya terdapat tujuh poin-poin yang disampaikan dalam seruan tersebut. Pertama, pelaksanaan demokrasi harus menjunjung tinggi etika dan norma hukum yang bersandar pada Pancasila dan UUD 1945. Hukum tidak hanya teks semata, melainkan juga nilai dan prinsip yang ada di dalamnya dan dijalankan secara konsisten.

Kedua, presiden harus menjadi contoh keteladanan kepatuhan terhadap hukum dan etika. Bukan justru menjadi contoh melanggar etika, apa yang diucap tidak sesuai dengan kenyataan.

Ketiga, negara dan pemerintah beserta aparaturnya harus hadir sebagai pengayom, penjaga, dan fasilitator pelaksanaan demokrasi yang berintegritas dan bermartabat dengan menjaga jarak yang sama dengan para kontestan pemilu.