Logo Bloomberg Technoz

Pemotongan biaya disampaikan langsung oleh Chief Financial Office Carl Mellander, hingga potensi PHK, dengan mengatakan bahwa “kami akan mencermati seluruh biaya dan kembali mengkaji termasuk arah pasar dan permintaan.”

IBM

IBM berencana melakukan pemangkasan pekerjaan atau PHK dengan persentase dalam satu digit rendah meskipun terdapat peluang arus kas dan pendapatan sepanjang tahun positif dan menjadi sinyal optimis laju belanja teknologi  perusahaan. IBM telah memfokuskan diri untuk merampingkan operasinya di sekitar bisnis perangkat software dan layanan dalam beberapa tahun terakhir. 

IBM juga melakukan divestasi bisnis infrastruktur terkelola, cuaca, dan kesehatan. Perusahaan ini telah memperkenalkan produk-produk baru untuk memanfaatkan minat yang meningkat pada kecerdasan buatan (AI).

Google

Google memutuskan mem-PHK ratusan karyawannya lagi, meski angkanya tidak sebesar tahun lalu. Keputusan PHK sebagai bagian dari langkah penghematan biaya. Menurut sumber yang merupakan karyawan dan mantan karyawan, CEO Google Sundar Pichai telah berkomunikasi ke pimpinan unit di level lebih rendah, termasuk vice president dan HRD, dalam putusan PHK di awal tahun 2024 ini.  

Pichai kemudian memberikan sinyal akan adanya potensi gelombang PHK lanjutan karena perusahaan  memiliki target investasi besar pada bidang-bidang prioritas sepanjang tahun 2024.

TikTok

60 karyawan akan terdampak dari keputusan PHK perusahaan social commerce TikTok,  yang terafiliasi dengan ByteDance.  TikTok menyatakan bahwa porsi karyawan yang terkena PHK sekitar 1% dari sekitar 7.000 staf perusahaan di AS per Maret, dan merupakan salah satu pemangkasan yang lebih kecil yang dilakukan baru-baru ini oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar

Mereka merupakan karyawan yang berbasis di Los Angeles, New York, Austin dan di luar AS, kata juru bicara perusahaan. TikTok menyatakan bahwa porsi karyawan yang terkena PHK sekitar 1% dari sekitar 7.000 staf perusahaan di AS per Maret, dan merupakan salah satu pemangkasan yang lebih kecil yang dilakukan baru-baru ini oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar

Lazada

Lazada, platform e-commerce yang didukung oleh Alibaba melakukan PHK terhadap karyawan se-Asia Tenggara dilansir dari The Straits Times. Saat itu perusahaan tidak mau mengungkap berapa jumlah karyawan terdampak dan belum merinci  detail negara mana saja yang terkena dampak pemecatan. 

Alibaba mengakuisisi mayoritas saham Lazada sekitar US$1 miliar pada tahun 2016 dalam apa yang disebut sebagai kesepakatan asing terbesar perusahaan China saat itu. Bisnis di Asia Tenggara mendapat rivalitas ketat dari Shopee yang berbasis di Singapura dan Tokopedia di Indonesia—perusahaan yang kini didukung pula oleh pendanaan asal TikTok.

eBay

eBay Inc akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 1.000 pekerjaan, atau 9% dari karyawan tetapnya. Platform e-commerce ini mengatakan perlu menjadi "lebih gesit" dalam menghadapi lingkungan ekonomi yang "menantang". 

“Meskipun kami membuat kemajuan terhadap strategi kami, jumlah karyawan dan pengeluaran secara keseluruhan telah melampaui pertumbuhan bisnis kami,” kata perusahaan, yang berlanjut pada perubahan organisasi dan konsolidasi.

Amazon

Amazon, perusahaan e-commerce raksasa asal Amerika Serikat milik Jeff Bezos merumahkan ratusan karyawan pada unit bisnis Prime Video dan studio. Pasca pergantian kepemimpinan, Amazon telah memecat ratusan orang di divisi yang bertanggung jawab atas aktivitas asisten Alexa, juga pada  unit musik.

Chief Executive Officer (CEO) Andy Jassy ingin memangkas biaya setelah berekspansi cepat selama pandemi. Jassy juga telah membatalkan beberapa proyek yang dibuat selama era Jeff Bezos. PHK Amazon selama periode 2022-2023 mencapai 27.000 karyawan. 

Microsoft 

Microsoft Corp akan melakukan PHK terhadap 1.900 karyawan di seluruh divisi video game, termasuk di Activision Blizzard, yang dibelinya seharga US$69 miliar. Kepala Bidang Gim Microsoft Phil Spencer menulis pada email ke staf bahwa pemangkasan tersebut mewakili sekitar 8% dari 22.000 pekerja gim Microsoft. 

“Bersama-sama, kami telah menetapkan prioritas, mengidentifikasi bidang-bidang yang tumpang tindih, dan memastikan bahwa kita semua selaras dalam memanfaatkan peluang terbaik untuk pertumbuhan,” tulis Spencer lewat email yang ditinjau oleh Bloomberg.

Paypal

Paypal telah memutuskan akan PHK 2.500 karyawan. CEO Alex Chriss, yang menjabat sejak September, berusaha mengatasi persaingan yang meningkat, tekanan keuntungan, dan serangkaian penurunan peringkat oleh analis. PayPal, yang mempekerjakan sekitar 29.900 pekerja pada akhir tahun 2022, mengumumkan pemotongan serupa pada Januari tahun lalu. Langkah terbaru ini akan mempengaruhi 9% dari total pekerja.

PHK diputuskan untuk mendorong pertumbuhan yang menguntungkan. “Pada saat yang sama, kami akan terus berinvestasi di bidang usaha yang kami percaya akan menciptakan dan mempercepat pertumbuhan,” kata Chriss.

Badai PHK di industri teknologi menembus 100.000 karyawan

Twitch

Keputusan PHK terjadi saat beberapa eksekutif puncak meninggalkan Twitch, serta ancaman kerugian perusahaan. Twitch dikabarkan bakal melakukan PHK terhadap 35% stafnya, atau sekitar 500 pekerja. Twitch merupakan bagian dari grup teknologi besar Amazon.com Inc. Sembilan tahun setelah Amazon mengakuisisi perusahaan tersebut, bisnis tersebut tetap tidak menguntungkan, hingga PHK harus dilakukan.

Duolingo

Duolingo Inc kreator pembelajaran bahasa lewat platform mendorong penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) hingga  berdampak  pada penyusunan strategi sumber daya Duolingo Inc, termasuk keputusan pemangkasan beberapa tenaga kontrak dalam pembuatan konten. PHK diperkirakan mencapai 10% dari jumlah karyawan, kata juru bicara perusahaan belum lama.

CEO Luis von Ahn bulan November menyatakan bahwa teknologi AI dapat menghasilkan "konten baru dengan jauh lebih cepat," seperti skrip acara yang membantu mengajarkan bahasa. Perusahaan ini juga menggunakan AI untuk menghasilkan suara di dalam aplikasi dan telah memperkenalkan tingkatan premium, Duolingo Max, dengan feed back yang dihasilkan oleh AI dan percakapan dalam bahasa lain.

Riot Games

Riot Games, yang didukung oleh Tencent, perusahaan teknologi asal China melakukan PHK pada 530 karyawan dan menjadi bagian  mengubah strategi demi menciptakan bisnis yang lebih berkelanjutan. Jumlah karyawan terdampak mewakili 11% dari total. Keputusan PHK, lanjut Jadeja, adalah penting “untuk berbagi bagaimana kami sampai di sini dan bagaimana beberapa hari ke depan akan berjalan.”

Riot Games sejak 2019 terus berekspansi dengan menghadirkan multi-game, termasuk merekrut banyak karyawan potensial dan terbukti menumbuhkan bisnis perusahaan dalam beberapa tahun. Namun kini rencana Riot tampak sederhana dengan fokus menyelesaikan banyak hal yang dikerjakan.

Unity Software

Unity Software Inc, perusahaan pembuat perangkat lunak bagi produsen video game ini, berencana melakukan PHK sekitar 1.800 karyawan sebagai strategi  meningkatkan profitabilitas jangka panjang. Angka PHK mewakil 25% karyawan, dimana pucuk pimpinan Unity sempat berganti usai John Riccitiello mundur bulan Oktober kemarin. Perusahaan telah mengalami beberapa kali PHK dalam beberapa bulan terakhir.

Block

PHK terjadi di Block Inc dengan target menyisakan karyawan menjadi 12.000 orang. Block milik Jack Dorsey, mengumumkan pembatasan tersebut saat melaporkan pendapatan kuartal ketiga pada bulan November, dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut pada hari Selasa. Block merupakan  layanan pembayaran Cash App dan Square.

PHK terjadi di tengah upaya untuk meningkatkan pendapatan dan mengendalikan biaya. Dorsey mengatakan pada bulan November bahwa pembatasan tenaga kerja akan diberlakukan “sampai kami merasa pertumbuhan bisnis telah melampaui pertumbuhan perusahaan.” Pada bulan Desember, Tidal, layanan streaming musik yang dulunya dimiliki oleh artis rekaman Jay-Z dan sekarang menjadi bagian dari Block, memangkas lebih dari 10% staf sebagai bagian dari langkah penghematan dari perusahaan induknya. 

Periode PHK beberapa perusahaan startup dan teknologi besar. (Dok: Layoffs.fyi)

Salesforce

Keputusan PHK  Salesforce Inc berdampak pada 700 pekerja atau mewakili 1% dari total, menurut seseorang yang mengetahui rencana tersebut, dilaporkan Bloomberg News. Tahun lalu Salesforce mengurangi jumlah karyawan sebesar 10%. Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini memiliki 70.843 pekerja pada akhir Oktober, menurut pengajuan sekuritas.

Perusahaan yang menjual perangkat software ke bisnis lain ini telah berfokus pada perluasan margin keuntungan selama setahun terakhir sebagai tanggapan atas tekanan pemegang saham, termasuk dari para investor aktivis seperti Elliott Investment Management. Seorang perwakilan Salesforce menolak berkomentar

Xerox

Perusahaan produsen mesin fotokopi dan printer Xerox Holdings Corp mengumumkan rencana pemangkasan 3.075 karyawan dari total 20.500 posisi atau peran di seluruh dunia. Keputusan PHK menjadi sinyal bahwa gelombang perampingan di industri teknologi belum usai. Restrukturisasi jadi bagian dari strategi perusahaan dalam penyederhanaan produk bisnis inti dalam teknologi percetakan. Xerox juga akan meningkatkan efisiensi dalam layanan bisnis secara masif dan fokus pada layanan teknologi informasi digital.

AC Ventures dan Bain & Co dalam laporan akhir tahun mengatakan bahwa ketidakpastian makro ekonomi berdampak pada bisnis. Para pemodal cenderung mengetatkan pengeluaran dan berharap startup yang mereka danai segera menghasilkan untung.

(wep/roy)

No more pages