Logo Bloomberg Technoz

Tesla Akan Buka Pabrik Baterai di AS dengan Peralatan dari CATL

News
01 February 2024 07:00

Tesla. (Dok: Bloomberg)
Tesla. (Dok: Bloomberg)

Gabrielle Coppola dan Ed Ludlow - Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc akan memperluas produksi baterai di Nevada, membuka fasilitas kecil menggunakan peralatan yang tidak digunakan dari Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. (CATL) China.

Sumber yang tidak ingin disebutkan namanya juga mengatakan perusahaan otomotif tersebut berencana membeli mesin dari CATL, seperti yang dikenal produsen baterai tersebut, dan memasangnya di kota Sparks. Mereka juga mengatakan, Tesla akan memiliki kendali penuh atas fasilitas tersebut dan menanggung 100% biaya, dan personel CATL tidak akan terlibat selain membantu menyiapkan peralatan.

Sumber tersebut juga mengatakan, pabrik tersebut, yang akan membuat sel untuk produk Megapack baterai besar Tesla, adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengonsolidasikan rantai pasokan sel litium-ferrofosfat di Amerika. Tesla juga melihat pengaturan pembelian peralatan sebagai cara yang hemat biaya untuk mendirikan fasilitas baru.

Langkah ini datang di tengah peningkatan pengawasan oleh anggota parlemen AS dan administrasi Biden terhadap kolaborasi teknologi dengan China dalam sejumlah bidang, termasuk produksi baterai. Pembelian Tesla mungkin menghindari kritik tentang ketergantungan perusahaan AS pada kemitraan dengan China karena keterlibatan minimal CATL.