Logo Bloomberg Technoz

Tesla tidak menanggapi permintaan komentar. CATL juga tidak segera menanggapi permintaan yang dikirim di luar jam kerja di China.

Seiring dengan rencana untuk fasilitas baru, Tesla telah mengatakan bahwa mereka bermaksud menggandakan kapasitas tahun ini di pabrik baterai yang sudah ada di Lathrop, California. Upaya-upaya tersebut mendukung pernyataan Chief Executive Officer Elon Musk selama panggilan konferensi minggu lalu bahwa operasi penyimpanan energi Tesla akan tumbuh lebih cepat daripada bisnis mobil listriknya tahun ini. Megapack adalah baterai perusahaan yang ditujukan untuk perusahaan utilitas.

CATL, produsen baterai EV terbesar di dunia, mendominasi pasar untuk baterai LFP (litium-ferrofosfat), yang lebih murah dan lebih stabil daripada alternatif berbasis nikel. Pasar mobil elektrifikasi China diproyeksikan melambat untuk tahun kedua pada 2024 karena pemulihan ekonomi yang tidak merata di negara tersebut mempengaruhi sentimen konsumen.

Pengaturan Tesla tampaknya merupakan penyimpangan dari kesepakatan CATL dengan Ford Motor Co., yang bertujuan untuk melisensikan teknologi perusahaan China tersebut untuk membangun baterai di pabrik Michigan yang dimiliki oleh perusahaan otomotif tersebut. Proyek tersebut telah menarik pengawasan dan kritik dari anggota parlemen Republik, yang berpendapat bahwa perusahaan tersebut dipengaruhi oleh pemerintah China dan dapat merusak kepentingan AS.

Produk Megapack Tesla yang sudah ada menggunakan sel CATL, dan Tesla berencana mengikuti desain baterai tersebut untuk sel yang dibangun di fasilitas baru.

Awalnya, pabrik akan memiliki output terbatas — sekitar 10GWH — kata orang-orang tersebut, dan akan diperluas jika proyek berjalan lancar dan rantai pasokan dapat dibangun. Fasilitas tersebut kemungkinan tidak akan beroperasi hingga 2025. Akhirnya, itu dapat menyumbang sekitar 20% dari produksi baterai Tesla di wilayah tersebut, termasuk lokasi Lathrop.

(bbn)

No more pages