Logo Bloomberg Technoz

Pemulihan Lambat, Pertumbuhan PDB Hong Kong di 2023 Mengecewakan

News
31 January 2024 20:10

Dolar Hong Kong (Sumber: Bloomberg)
Dolar Hong Kong (Sumber: Bloomberg)

Alan Wong - Bloomberg News

Bloomberg, Ekonomi Hong Kong tumbuh pada laju yang lebih lambat dari perkiraan tahun lalu, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi pemulihan pascapandemi di kota ini karena perlambatan China dan suku bunga yang lebih tinggi di luar negeri menghambat pertumbuhan.

Produk domestik bruto (PDB) meningkat 3,2% pada tahun 2023, menurut perkiraan lanjutan yang diumumkan oleh Departemen Sensus dan Statistik pada Rabu. Hal ini dibandingkan dengan perkiraan ekonom yang memperkirakan pertumbuhan sebesar 3,4%.

Angka tersebut mencerminkan periode ekonomi yang mengecewakan sejak pusat keuangan Asia dibuka kembali setelah bertahun-tahun isolasi Covid yang diberlakukan sendiri. Pemerintah awal tahun lalu memperkirakan bahwa ekonomi akan tumbuh dalam kisaran 4% hingga 5%, tetapi merevisi turun proyeksinya setelah lonjakan awal pariwisata dan konsumsi gagal.

Pertumbuhan ekonomi Hong Kong. (Dok: Bloomberg)

"Ke depan, lingkungan eksternal yang sulit akan terus memberikan tekanan pada ekspor barang Hong Kong pada tahun 2024," kata juru bicara pemerintah dalam sebuah pernyataan yang menyertai rilis tersebut. "Situasi mungkin akan stabil di akhir tahun ini jika negara-negara maju memangkas suku bunga seperti yang diharapkan."