Logo Bloomberg Technoz

Bappenas Yakin Ekonomi RI Menguat, meski Ekonomi Global Terseok

Azura Yumna Ramadani Purnama
31 January 2024 14:00

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) meyakini ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih kuat pada 2024 dibanding tahun sebelumnya, meski ekonomi global tahun ini diprediksi tumbuh lebih lambat dan dipenuhi ketidakpastian. 

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas sekaligus Plt Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti mengutip data yang diterbitkan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Seperti diketahui, OECD memprediksi ekonomi Indonesia akan mencapai 5,2% sepanjang tahun ini.

“Jadi pertumbuhan 2024 sebagai contoh yang diprediksi OECD Indonesia tumbuh lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi indonesia pada 2023,” ujar Amalia dalam acara Peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2023 di Jakarta, Rabu (31/2/2024).

Selain itu, menurut dia, Indonesia juga mampu keluar dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa waktu lalu. Hal ini menjadi salah satu faktor meningkatnya kepercayaan global terhadap Indonesia.

“Sehingga dunia percaya Indonesia yang saat ini mampu recovery (pulih) dan bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi 5% ke level normal, sebelum Covid-19 memang 5%, artinya mengembalikan sebelum level pandemi ini sudah ditunjukan,” terangnya.