Logo Bloomberg Technoz

"Dalam lingkungan ekonomi yang penuh persaingan ketat, perubahan gaji kerah putih menunjukkan 'Efek Matius' yang menonjol," menurut laporan Zhaopin, mengacu pada pola di mana mereka yang memulai dengan keuntungan mengumpulkan lebih banyak keuntungan dari waktu ke waktu, sementara mereka yang memulai dengan kerugian menjadi lebih dirugikan.

Para ekonom sering melihat data ketenagakerjaan dan upah alternatif untuk China karena data pasar tenaga kerja resmi di negara ini kurang rinci dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya. Upah rata-rata perkotaan di China meningkat hampir 6% secara nominal tahun lalu, menurut statistik resmi. Data tersebut mencakup pekerja kasar dan kerah putih.

Indeks CIER dari China Institute for Employment Research--yang mengukur kekuatan pasar tenaga kerja secara keseluruhan--menurun di kuartal keempat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, institut ini mengatakan di situs webnya. Lembaga ini belum merilis indeks numerik yang tepat sejak tahun 2022.

Sinyal tentang upah telah "terus melemah," tulis para peneliti di Gavekal Dragonomics dalam sebuah laporan bulan ini, mengutip biaya tenaga kerja yang diharapkan oleh pengusaha sebagai proksi. Beberapa survei tenaga kerja tingkat kota juga menunjukkan upah di kota-kota besar telah menurun, kata mereka, menambahkan bahwa momentum pertumbuhan yang lemah dari paruh kedua tahun lalu kemungkinan akan membuat pasar tenaga kerja tetap lemah hingga awal 2024, mengingat pekerjaan dan upah adalah indikator yang tertinggal.

Gaji rata-rata yang ditawarkan oleh perusahaan kepada karyawan baru di kota-kota besar China turun 1,3% YoY pada kuartal terakhir tahun 2023, menurut survei terpisah dari Zhaopin yang dirilis awal bulan ini. Itu adalah penurunan terbesar setidaknya sejak 2016.

(bbn)

No more pages