Logo Bloomberg Technoz

Tomé dan eksekutif UPS lainnya dalam panggilan analis mengisyaratkan lebih banyak perubahan yang akan datang, mengulangi beberapa kali bahwa mereka akan menawarkan detail tambahan di Hari Investor mereka pada 26 Maret.

Saham UPS turun 8,2% pada hari Selasa di New York, penurunan terbesar sejak April.

Tomé mengatakan pemotongan pekerjaan, kemungkinan yang terbesar dalam sejarah 116 tahun UPS, dimungkinkan oleh teknologi baru termasuk kecerdasan buatan. Mengutip satu contoh, dia mengatakan bahwa pembelajaran mesin memungkinkan tenaga penjual untuk menyusun proposal tanpa harus mendapatkan informasi harga dari eksekutif.

UPS sebelumnya telah memperingatkan bahwa kesepakatan buruh baru untuk sekitar 340.000 anggota serikat pekerja akan merugikan keuntungan di paruh pertama karena sebagian besar kenaikan upah terjadi di tahun pertama.

Tomé juga mengatakan pada hari Selasa bahwa UPS fokus pada peningkatan efisiensi. Total gaji perusahaan telah membengkak menjadi 540.000 selama permintaan puncak pandemi dan sekarang turun menjadi 495.000 karyawan melalui perputaran karyawan, penutupan toko, dan tindakan lainnya.

Glenn Gooding, seorang konsultan industri dengan iDrive Logistics dan mantan eksekutif UPS, mengatakan bahwa pemotongan pekerjaan hanya akan mempercepat perubahan budaya di UPS, yang di masa lalu melihat lebih banyak eksekutif senior naik ke puncak setelah memulai karir mereka sebagai pengemudi pengiriman atau penangan paket.

"Ini tidak akan meningkatkan moral," katanya. "Pada umumnya mereka memotong banyak kontributor sebenarnya dan banyak pengetahuan."

Tomé mengambil alih kendali UPS di puncak badai pandemi pada Juni 2022 dan mengarahkan perusahaan ke margin yang lebih tinggi dengan tema "Lebih Baik, Bukan Lebih Besar," yang menandakan akhir dari pengejaran volume.

Sekarang dia harus mengambil tindakan berani untuk melindungi margin tersebut yang terpengaruh oleh peningkatan biaya tenaga kerja yang tajam dan dari volume yang lebih rendah saat pembeli kembali ke toko-toko dan inflasi menggigit daya beli.

UPS telah memenangkan kembali hampir 60% dari volume pengirimannya yang hilang selama pembicaraan serikat pekerja yang kontroversial musim panas lalu ketika pelanggan yang khawatir akan mogoknya potensial beralih ke pesaing. Tomé berusaha memenangkan kembali sisa volume tersebut tanpa menurunkan harga, yang hanya akan merugikan margin.

Penjualan Coyote

Brokerage truk Coyote, yang dibeli pada tahun 2015, menurut Tomé sangat siklikal dengan volatilitas pendapatan yang cukup besar. Potensi divestasi akan menambah perpindahan UPS dari bisnis angkutan truk setelah Tomé menjual unit UPS yang kurang dari muatan truk seharga $800 juta pada tahun 2021.

"Mungkin ini lebih berharga bagi orang lain daripada bagi kami," katanya.

UPS telah mengakuisisi perusahaan seperti Coyote untuk menyediakan berbagai layanan yang lebih luas untuk tetap unggul dari FedEx Corp., kata John Haber, chief strategy officer untuk Transportation Insights, yang menawarkan layanan logistik. Tetapi Tomé telah lebih agresif daripada manajer sebelumnya tentang "menjual bisnis yang tidak menghasilkan," katanya.

Jika UPS menjual Coyote dalam waktu dekat, itu akan berada di dekat dasar siklus untuk broker truk dan perusahaan mungkin menghadapi penurunan nilai, kata Haber.

Pihak UPS mengatakan penjualan untuk tahun 2024 diperkirakan antara US$92 miliar dan US$94,5 miliar. Itu lebih rendah dari titik tengah US$95,7 miliar perkiraan dari 30 analis yang disurvei oleh Bloomberg News. Dan efek gabungan dari kesepakatan tenaga kerja, yang mulai berlaku pada 1 Agustus, dan prospek penjualan akan memeras keuntungan — UPS memprediksi margin operasi yang disesuaikan akan 10% hingga 10,6% untuk tahun ini, di bawah ekspektasi analis sebesar 11,3%.

Panduan tersebut menetapkan batas bawah untuk pendapatan, kata Allison Poliniak-Cusic, seorang analis dengan Wells Fargo, dalam catatan kepada klien setelah panggilan konferensi.

"Investor kemungkinan akan mengambil pandangan skeptis, mengingat tantangan 2023," kata Poliniak-Cusic. "Kami percaya cerita biaya UPS masih dalam tahap awal."

(bbn)

No more pages