Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin Catat Kenaikan 2% Sepanjang Januari, Tren Akan Berlanjut?

News
30 January 2024 12:20

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Sunil Jagtiani—Bloomberg News

Bloomberg, Aset digital Bitcoin kini berada pada jalur keunikan selama lima bulan beruntun, seperti momentum kemenangan beruntun terpanjang sejak reli era pandemi—yang didorong oleh dana likuid. Bitcoin telah kembali naik sekitar 2% pada Januari, periode satu bulan dengan perubahan besar yang dipicu oleh peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF Spot Bitcoin.

Produk investasi pertama di Amerika Serikat (AS) dengan pergeseran pandangan tentang prospek kebijakan moneter.  Tercatat produk ETF Bitcoin spot terbitan 10 perusahaan investasi, termasuk BlackRock Inc. dan Fidelity Investments, mulai diperdagangkan di AS pada 11 Januari

Kenaikan lima kali berturut-turut dalam satu bulan akan menjadi yang terpanjang sejak enam bulan, mwmperhitungkan lju selama periode Oktober 2020 hingga Maret 2021, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Kenaikan yang terjadi saat ini belum bisa mencapai rekor tertinggi hampir US$69,000 pada November 2021, dengan kenaikan sepanjang tahun lalu hampir 160% dengan ekspektasi peluncurannya ETF akan menarik investor baru, kala itu.

Bitcoin di fase kemenangan beruntun yang terakhir tampak saaat pandemi, sebelum sentuh rekor tertinggi. (Dok: Bloomberg)