Logo Bloomberg Technoz

China dan Thailand Sepakat Berlakukan Bebas Visa mulai Maret 2024

News
25 January 2024 18:30

Wisatawan di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Wisatawan di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, China dan Thailand akan menandatangani kesepakatan untuk membebaskan persyaratan visa bagi para pelancong di antara kedua negara mulai 1 Maret. Menteri Luar Negeri Wang Yi akan mengunjungi negara tetangga di Asia Tenggara tersebut pekan ini.

Kementerian Luar Negeri Thailand mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis, Wang akan menandatangani kesepakatan tersebut untuk China, sumber utama pengunjung asing bagi Thailand, selama kunjungannya antara 26-29 Januari 2024.

Perjanjian ini akan ditandatangani beberapa minggu setelah Perdana Menteri Srettha Thavisin mengungkapkan bahwa kesepakatan bilateral sedang didiskusikan menjelang berakhirnya pembebasan visa sementara untuk pengunjung China pada 29 Februari.

Kunjungan Wang ke Thailand, yang pertama sejak Juli 2022, bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara dalam perdagangan, investasi, keamanan, pariwisata, dan untuk bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional, kata Kementerian Luar Negeri Thailand.