Logo Bloomberg Technoz

Terbesar Kedua, Merger BTN Syariah & Muamalat Punya Aset Rp114 T

Mis Fransiska Dewi
25 January 2024 14:54

Dok. Bank BTN
Dok. Bank BTN

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rencana PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mengakuisisi Bank Muamalat Indonesia akan melahirkan sebuah bank syariah dengan aset di atas Rp100 triliun. Entitas baru hasil merger BTN syariah dan Bank Muamalat akan menjadi bank syariah terbesar kedua di Indonesia yang memiliki jarak yang cukup jauh dengan bank syariah terbesar ketiga.

Berdasarkan laporan keuangan BTN, aset unit usaha syariah BTN atau BTN Syariah telah menembus Rp48,41 triliun pada akhir September 2023. Aset BTN Syariah diprediksi akan membus Rp50 triliun pada akhir 2023.

Sementara itu, total aset Bank Muamalat pada akhir September 2023 mencapai Rp66,19 triliun. Bila memakai September 2023 sebagai acuan, maka entitas gabungan antara BTN Syariah dan Bank Muamalat akan memiliki aset Rp114,6 triliun. 

Jaraknya memang masih jauh dibandingkan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang memiliki aset terbesar dengan nilai Rp319,84 triliun. Namun, entitas baru ini juga memiliki gap yang lebar dengan BTPN Syariah sebagai bank syariah terbesar ketiga dengan aset Rp21,96 triliun

Direktur Eksekutif Segara Research Institut Piter Abdullah Redjalam menilai rencana spin off BTN syariah dan merger dengan Bank Muamalat akan memberikan dampak signifikan bagi industri perbankan syariah.