Logo Bloomberg Technoz

IBM telah memfokuskan diri untuk merampingkan operasinya di sekitar bisnis perangkat software dan layanan dalam beberapa tahun terakhir. IBM juga melakukan divestasi bisnis infrastruktur terkelola, cuaca, dan kesehatan.

Papan nama perushaan teknologi IBM. (Dok: Bloomberg)

Perusahaan ini juga telah memperkenalkan produk-produk baru untuk memanfaatkan minat yang meningkat pada kecerdasan buatan (AI).

“Permintaan klien untuk AI semakin meningkat dan bisnis kami untuk watsonx dan AI generatif meningkat sekitar dua kali lipat dari kuartal ketiga ke kuartal keempat,” kata Chief Executive Officer Arvind Krishna dalam pernyataannya, mengacu pada platform AI perusahaan.

Rencana PHK IBM ini menyusul pengumuman serupa di bulan Januari oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar, termasuk Google milik Alphabet Inc dan Amazon.com Inc.

Chief Financial Officer James Kavanaugh mengatakan bahwa IBM kemungkinan akan menghabiskan jumlah yang sama untuk strategi restrukturisasi seperti yang dilakukannya tahun lalu. Dimana dana US$400 juta (sekitar Rp6,2 triliun) habis untuk pembiayaan dalam rangka PHK  sekitar 3.900 pekerjaan.

Kavanaugh mengatakan, bagaimanapun juga, bahwa perusahaan terus merekrut untuk posisi-posisi tertentu dan memperkirakan jumlah karyawan akan tetap sama pada akhir tahun. IBM diketahui memiliki 288.000 karyawan pada akhir tahun 2023.

Saham IBM naik sekitar 3% dalam perdagangan yang diperpanjang setelah ditutup pada US$173,93 di New York. Saham ini telah meningkat 23% dalam 12 bulan terakhir.

Penjualan kuartal keempat naik 4,1% menjadi US$17,4 miliar. Laba, tidak termasuk beberapa item, adalah US$3,87 per saham.

Para analis, rata-rata, memperkirakan pendapatan sebesar US$17,3 miliar dan laba yang disesuaikan sebesar US$3,76 per saham.

Pendapatan konsultasi meningkat 6% menjadi US$5 miliar, hanya sedikit di bawah estimasi analis sebesar US$5,1 miliar.

Para investor telah memfokuskan diri pada kelemahan unit bisnis ini dalam beberapa kuartal terakhir karena ketidakpastian ekonomi membebani selera pelanggan untuk proyek-proyek besar.

Perangkat software juga berada di bawah ekspektasi —US$7,5 miliar pada kuartal yang berakhir pada 31 Desember, dibandingkan dengan US$7,7 miliar yang diproyeksikan.

Red Hat, divisi perangkat software yang diakuisisi IBM pada tahun 2019, membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 8%, periode yang relatif lambat untuk bisnis yang pernah secara teratur melonjak lebih dari 20% setiap kuartal.

(bbn)

No more pages