Logo Bloomberg Technoz

Anggaran Militer Naik, Xi Jinping Minta Terobosan Teknologi

News
09 March 2023 14:44

Presiden China Xi Jinping (Sumber: Bloomberg)
Presiden China Xi Jinping (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Xi Jinping meminta militer membuat terobosan mutakhir guna mengamankan keunggulan negara di bidang teknologi di tengah persaingan global yang kian memanas. Hal ini menjadi upaya Beijing melawan Amerika Serikat (AS) yang mencoba memutus akses China ke semikonduktor canggih.

“China harus mempercepat akselerasi untuk kemandirian teknologi canggih dan meningkatkan ketahanan rantai pasokan,” kata Xi kepada delegasi militer Kongres Rakyat Nasional (KRN) China pada Rabu (08/03/2023).

Ia juga menyerukan pemerintah upaya-upaya untuk meningkatkan kekuatan negara secara sistematis guna mengatasi risiko strategis, melindungi kepentingan strategis, dan mencapai tujuan strategis.

Xi memanfaatkan sidang tahunan KRN di Beijing untuk melakukan restrukturisasi birokrasi dan meningkatkan ketahanan ekonomi dalam menghadapi tekanan AS. Pada Minggu (05/03/2023) lalu, Kementerian Keuangan China mengumumkan akan menaikkan anggaran militer sebesar 7,2%, yang menjadi tingkat kenaikan tercepat sejak 2019. Kebijakan ini adalah bagian dari upaya untuk membangun kekuatan militer terbesar di dunia sebelum 2027.

Pasukan militer China tengah berjalan berbaris. (Dok Bloomberg)