Logo Bloomberg Technoz

Iran Serang 3 Negara Tetangga, Begini Latar Belakangnya

Redaksi
18 January 2024 17:50

Salah satu serangan akibat pertempuran Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)
Salah satu serangan akibat pertempuran Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Iran baru-baru ini menyerang tiga negara tetangganya, yakni Irak, Suriah, dan Pakistan. Serangan rudal dilakukan oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) terhadap beberapa sasaran "teroris" di Suriah dan wilayah Kurdistan Irak. Sementara di Pakistan, serangan menghancurkan markas besar kelompok jihad Jaish al-Adl.

Dibentuk tahun 2012, Jaish al-Adl masuk daftar hitam Iran sebagai kelompok teroris dan telah melakukan beberapa serangan di wilayah Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Kronologinya, Garda Revolusi Islam menghancurkan "markas mata-mata" dan "kumpulan kelompok teroris anti-Iran" di Arbil, ibu kota wilayah otonomi Kurdistan Irak pada Senin (15/1/2023).

Garda Revolusi kemudian menyerang dengan rudal balistik di Suriah "tempat berkumpulnya para komandan dan unsur-unsur utama yang terkait dengan operasi teroris baru-baru ini, khususnya kelompok ISIS."

Mereka menjelaskan bahwa serangan di Suriah adalah "respons terhadap kejahatan yang dilakukan kelompok teroris baru-baru ini yang secara tidak adil membunuh sekelompok rekan kita di Kerman dan Rask."