Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, National Transportation Safety Board (NTSB) juga melanjutkan penyelidikan terhadap ledakan di udara yang terjadi pada pesawat Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines. NTSB berkomitmen untuk mengetahui penyebab pasti dari kejadian ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan di masa depan.

Pemeriksaan tahap awal yang berhasil diselesaikan menunjukkan adanya kemajuan dalam proses ungrounded pesawat Boeing 737 Max 9. Namun, masih banyak hal yang perlu dilakukan sebelum pesawat-pesawat ini dapat kembali beroperasi secara penuh. Dengan dilaksanakannya proses inspeksi dan pemeliharaan yang sesuai, diharapkan armada pesawat Boeing 737 Max 9 yang saat ini diparkir dapat kembali beroperasi dengan aman dan tanpa masalah.

Saham Boeing naik 1,3% pada penutupan perdagangan Rabu di New York, setelah naik sebanyak 2,9% sebelumnya. Sahamnya telah merosot 22% tahun ini, sejauh ini merupakan saham dengan kinerja terburuk tahun ini di Dow Jones Industrial Average.

Bos Boeing Kunjungi Pemasok Utama Pesawat 

Chief Executive Officer Boeing, Dave Calhoun, mengunjungi Spirit AeroSystems Holdings Inc di Wichita, Kansas, pada Rabu, di mana pemasok tersebut merakit sebagian besar badan pesawat utama 737 Max. Dia berpartisipasi dalam pertemuan di balai kota dengan sekitar 200 karyawan Spirit bersama CEO Spirit, Pat Shanahan, yang mendesak karyawan untuk "bertindak dengan segera dan bertujuan" saat mereka menghadapi tantangan mereka.

"Kita harus tenang dan fokus pada tugas-tugas yang ada," ujar Shanahan dalam pertemuan tersebut, menurut juru bicara Spirit. "Saat kita melakukan perubahan dan peningkatan, saya membutuhkan dukungan Anda untuk memimpin dari depan."

Calhoun mengatakan pada pertemuan tersebut bahwa insinyur, mekanik, dan inspektur di kedua perusahaan menjadi kunci untuk membawa kedua perusahaan melewati krisis saat ini, menurut kutipan yang diberikan oleh juru bicara Boeing.

Boeing 787-9 Dreamliner Riyadh Air dan Boeing 737-10 Max di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023) (Nathan Laine/Bloomberg)

"Mereka akan berbicara dengan bahasa yang sama dalam hal ini dalam segala hal, bentuk, atau rupa," kata Calhoun. "Kami akan belajar darinya, dan kami akan menerapkannya pada semua hal lain yang kami lakukan bersama."

Sebelumnya pada Rabu, FAA mengatakan penyelidikannya terhadap praktik manufaktur Boeing juga akan memeriksa jalur produksi Spirit AeroSystems, yang memasang sumbat pintu sebagai bagian dari pekerjaan yang dilakukannya untuk membangun badan pesawat 737 Max.

Sejak kecelakaan tersebut, Boeing mengumumkan beberapa langkah yang akan diambil untuk meningkatkan kualitas dan pengawasan di pabrik-pabriknya. Setelah kecelakaan tersebut, United Airlines Holdings Inc dan Alaska Air Group Inc, satu-satunya operator Max 9 di AS, menemukan perangkat keras yang longgar selama pemeriksaan sumbat pintu pesawat.

Kedua maskapai ini telah membatalkan ratusan penerbangan sejak pesawat-pesawat tersebut dipesan untuk dikandangkan. Pada Rabu, Alaska Airlines mengatakan telah menyelesaikan pemeriksaan awal pada sekelompok pesawat Max 9. Dalam sebuah video yang diunggah di situs webnya, CEO maskapai tersebut, Ben Minicucci, mengatakan bahwa mereka membuat "kemajuan yang baik" dalam memeriksa 65 armada Max 9-nya, meskipun tidak tahu kapan pesawat-pesawat tersebut akan diizinkan untuk melanjutkan penerbangan.

Risiko Penghentian Penerbangan

Secara terpisah, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional memperingatkan bahwa penutupan pemerintah AS akan menghentikan penyelidikannya terhadap penyebab jatuhnya pesawat Alaska Airlines Penerbangan 1282. Para pemimpin Kongres sedang berupaya untuk meloloskan langkah pengeluaran jangka pendek untuk mencegah penutupan sebagian pada Sabtu.

Terhentinya pendanaan akan "secara dramatis menghalangi" kemampuan badan tersebut untuk melakukan investigasi dan mengeluarkan rekomendasi keselamatan yang terkait dengan penyelidikannya atas kecelakaan pada 5 Januari itu, kata Ketua NTSB Jennifer Homendy dalam sebuah surat kepada Senator Maria Cantwell, dari Partai Demokrat Washington.

Jika pemerintah menutup sementara, larangan terbang FAA masih berlaku, "tidak ada ancaman yang diketahui akan segera terjadi terhadap keselamatan nyawa manusia atau perlindungan properti yang akan membenarkan kelanjutan pekerjaan yang sedang berlangsung terkait dengan penyelidikan AK 1282 NTSB," kata Homendy dalam surat tanggal 17 Januari itu.

Para pejabat dari FAA dan NTSB memberikan penjelasan kepada para anggota panel Senat yang bertanggung jawab untuk mengawasi masalah keselamatan penerbangan tentang penyelidikan mereka pada Rabu.

(bbn)

No more pages