Logo Bloomberg Technoz

Boeing Selesaikan Tahap Pertama Pemeriksaan 40 Pesawat 737 Max 9

News
18 January 2024 13:00

Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)
Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)

Ryan Beene - Bloomberg News

Bloomberg, Operator pesawat Boeing 737 Max 9 telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap 40 pesawat dalam tahap awal. Hal ini merupakan langkah penting untuk mengakhiri larangan terbang yang diberlakukan atas pesawat ini setelah terjadinya kecelakaan pada awal bulan ini. 

Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) akan meninjau temuan-temuan dari pemeriksaan tersebut untuk menentukan apakah prosedur yang disusun oleh Boeing sesuai untuk mengembalikan 171 pesawat Boeing 737 Max 9 yang diparkir ke layanan.

Badan tersebut memerintahkan penghentian sementara terbang atas pesawat Boeing 737 Max 9 setelah pesawat itu kehilangan bagian badan pesawat tak lama setelah lepas landas pada 5 Januari. Kejadian ini memicu keadaan darurat di udara dan menimbulkan krisis kepercayaan terhadap proses produksi Boeing serta memicu penyelidikan.

Pesawat Boeing 737 Max. (Jason Alden/Bloomberg)

FAA menyatakan bahwa setelah menyetujui proses inspeksi dan pemeliharaan yang dilakukan oleh Boeing, hal tersebut akan diwajibkan pada setiap pesawat Boeing 737 Max 9 yang dikandangkan sebelum beroperasi di masa depan. Badan tersebut menegaskan bahwa keselamatan publik yang terbang menjadi prioritas utama dalam menentukan kapan pesawat-pesawat ini dapat kembali beroperasi.