Logo Bloomberg Technoz

2. Mengapa kota itu penting?

Bakhmut sejatinya memiliki kepentingan strategis yang terbatas, menurut para analis militer. Tetapi kemenangan Rusia di wilayah ini akan menjadi simbolis karena menandai pusat kota besar pertama yang jatuh ke tangan pasukan Moskow sejak serangkaian kekalahan mereka pada musim panas lalu.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu juga mengatakan merebut kota itu akan memungkinkan pasukannya menembus lebih jauh ke dalam pertahanan Ukraina. Kedua belah pihak juga berpendapat bahwa melanjutkan pertarungan di kota itu memungkinkan mereka untuk mengintip kekuatan lawan.

Sumber: Bloomberg

3. Sudah berapa lama pertempuran di Bakhmut berlangsung?

Pasukan Rusia telah menembaki daerah itu sejak Mei tahun lalu dan memulai pengepungan kota itu pada awal Agustus. Setelah berbulan-bulan dengan progres yang lambat, pasukan Rusia kembali mengepung kota itu awal tahun ini dengan merebut wilayah pemukiman di utara dan selatan.

Namun langkah mereka melambat dalam beberapa pekan terakhir karena Ukraina terus melawan. Baik Ukraina maupun Rusia tidak merilis angka korban, tetapi keduanya saling mengkalim lawan mereka menderita kerugian besar.

4. Apa peran tentara bayaran Rusia, Wagner Group?

Prajurit dari kontraktor militer swasta Wagner Group, sebuah perusahaan yang dijalankan oleh Yevgeny Prigozhin, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, telah ikut dalam pengepungan di kota itu. Pertempuran ini menjadi ujian utama bagi mereka untuk membuktikan kekuatan kepada Kremlin, yang telah memberi mereka peran penting dalam konflik ini.

Namun belakangan ini, Prigozhin mengeluh bahwa prajurit mereka kekurangan amunisi dan hal ini telah melumpuhkan pasukannya. Ia menyalahkan adanya sabotase oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

5. Akankah Ukraina menyerah?

Setelah berbulan-bulan mempertahankan kota itu, Zelenskiy pada bulan Februari mengisyaratkan bahwa Kyiv pada akhirnya harus menyerahkannya. Tapi tak lama kemudian, dia bertemu dengan para perwira jenderal tinggi negara dan menyetujui rekomendasi mereka bahwa upaya pertahanan harus dilanjutkan dan memerintahkan pengiriman bala bantuan. Komandan senior Ukraina telah mengunjungi kota yang terkepung itu beberapa kali dalam beberapa pekan terakhir.

--Dengan asistensi Olesia Safronova.

(bbn)

No more pages