Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Groundbreaking Masjid IKN Rp940 M: Tingkatkan Iman Takwa

Dovana Hasiana
17 January 2024 12:30

Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Rabu (17/1/2024). Masjid Negara di IKN memiliki nilai konstruksi sebesar Rp940 miliar. 

“Nilai konstruksi Rp940 miliar, memang sangat besar sekali Masjid ini nantinya,” ujar Jokowi dalam agenda Groundbreaking Masjid Negara yang disiarkan secara virtual, Rabu (17/1/2024). 

Jokowi mengutip pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mengatakan bahwa Masjid ini nantinya memiliki kapasitas sebanyak 61 ribu jemaah dan memiliki masa pembangunan selama 400 hari kalender. Targetnya, pembangunan Masjid Negara bisa diselesaikan pada akhir tahun 2024. 

Pembangunan rumah ibadah lainnya, kata Jokowi, juga bakal berlangsung di IKN. Di antaranya adalah Gereja, Wihara, Kelenteng, dan Pura. Menurut Jokowi, pembangunan ragam rumah ibadah di IKN menunjukkan bahwa Indonesia terus menjaga kerukunan dan persatuan. 

"Saya berharap Masjid Negara merepresentasikan kemajukan Indonesua dan sarana meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Tempat yang nyaman untuk umat musim beraktivitas keagamaan sosial," tegas Jokowi. 
 
Jokowi mengatakan ragam infrastruktur dan utilitas kawasan seperti jalan dan jembatan juga bakal dibangun di sekeliling Masjid Negara tersebut. Bahkan, Masjid tersebut juga bakal dikelilingi air.