Logo Bloomberg Technoz

Malaysia dan Singapura akan menjajaki langkah-langkah yang akan mendukung zona ekonomi khusus, termasuk sistem izin kode QR bebas paspor di masing-masing negara untuk meningkatkan kecepatan izin orang imigrasi wisatawan.

Malaysia dan Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki perbatasan paling terbuka di dunia. Perdagangan barang dagangan bilateral mereka berjumlah US$90,3 miliar pada tahun 2022, lebih besar dari total perdagangan yang mereka nikmati dengan nilai perdagangan total Indonesia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Jalan lintas yang menghubungkan Johor dan Singapura dikunjungi lebih dari 350.000 pelancong setiap hari.

Singapura juga merupakan sumber investasi asing langsung terbesar kedua di Malaysia pada sembilan bulan pertama tahun 2023 sebesar 20,4 miliar ringgit, sekitar US$4,4 miliar.

Para tetangga juga sepakat untuk mengeksplorasi:

Suasana perumahan dengan latar gedung bertingkatdi Ridley Park dan Tanglin Hill di Singapura, Sabtu (29/4/2023). (Lionel Ng/Bloomberg)

Pusat layanan investasi bisnis terpadu di Johor untuk didirikan oleh bisnis Singapura di Johor, lalu mengadopsi proses digital untuk pengurusan kargo di pos pemeriksaan darat. Selain itu, dua negara juga sepakat menyelenggarakan forum investor, serta memfasilitasi kerja sama energi terbarukan Malaysia-Singapura di JS-SEZ

Negara-negara tetangga sebelumnya memperingati penyelesaian jalur penghubung untuk jalur kereta api baru, yang diharapkan dapat memulai layanan penumpang pada Desember 2026 dan memiliki kapasitas puncak hingga 10.000 penumpang per jam per arah.

Saham-saham Malaysia yang memiliki eksposur besar terhadap negara bagian Johor menguat dalam beberapa minggu menjelang penandatanganan memorandum tersebut.

Raja baru Malaysia, Sultan Ibrahim Sultan Iskandar, yang berasal dari Johor, juga mengatakan bahwa ia berencana menggunakan pengaruhnya untuk meningkatkan infrastruktur termasuk proyek kereta api berkecepatan tinggi dengan Singapura.

(bbn)

No more pages