Logo Bloomberg Technoz

Permukaan Laut Naik, Pantura Jawa Diramal Tenggelam

Azura Yumna Ramadani Purnama
10 January 2024 16:35

Pengunjung berlibur di kawasan pantai Ancol, Jakarta, Jumat (30/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pengunjung berlibur di kawasan pantai Ancol, Jakarta, Jumat (30/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wilayah pantai utara (Pantura) diperkirakan akan tenggelam. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan pidato pembuka dalam acara Seminar Nasional Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa Melalui Tanggul Pantai dan Tanggul Laut Raksasa (Giant Sea Wall) di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Untuk itu, Prabowo menyampaikan pentingnya pembangunan Giant Sea Wall yang merupakan tanggul laut raksasa di sepanjang daerah pesisir Pantura Jawa.

“Nanti akan selalu ada yang mengatakan apakah bisa, ini bukan masalah bisa atau tidak, ini harus, kalau tidak pantai utara tenggelam,” ujar Prabowo dalam acara itu, Rabu (10/1/2024).

Menurutnya, Giant Sea Wall merupakan solusi terhadap fenomena naiknya permukaan laut, terjadinya abrasi, hingga fenomena erosi . Selain itu, ia juga mengatakan tanggul raksasa itu bisa menjadi penentu kualitas hidup masyarakat pesisir Pantura Jawa.

“Masalah giant sea wall ini yang merupakan jawaban terhadap fenomena naiknya permukaan laut, terjadinya abrasi, hilangnya lahan2 kita, terutama kualitas hidup sebagian rakyat kita yang sunguh-sungguh mengenaskan dan sama sekali tidak manusiawi.