Logo Bloomberg Technoz

Xi ke Biden: China & AS Harus Hidup Berdampingan secara Damai

News
01 January 2024 14:15

Joe Biden dan Xi Jinping di San Francisco (Sumber: X @SpokespersonCHN)
Joe Biden dan Xi Jinping di San Francisco (Sumber: X @SpokespersonCHN)

Sing Yee Ong - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping mengatakan dalam sebuah surat kepada mitranya Joe Biden pada 1 Januari, sejarah telah membuktikan bahwa berpegang teguh pada sikap saling menghormati dan hidup berdampingan secara damai adalah cara yang tepat bagi China dan Amerika Serikat (AS) untuk bergaul, seiring kedua negara mencoba memperbaiki hubungan yang tegang.

"Selama 45 tahun terakhir, hubungan Tiongkok-AS telah melewati badai dan bergerak maju. Hubungan ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari kedua negara, tetapi juga berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran global," kata Xi dalam surat yang memperingati 45 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara, menurut sebuah laporan dari lembaga penyiaran milik pemerintah, CCTV.

Hubungan antara AS dan China masih rapuh, terutama karena hubungan dekat Beijing dengan Rusia dan sikapnya terhadap Taiwan. Meski begitu, hubungan ini mulai menghangat baru-baru ini setelah pertemuan Xi dengan Biden pada November di San Francisco yang diakhiri dengan kemenangan diplomatik kecil.

Dalam surat ucapan selamat dari Biden, ia mengakui bahwa hubungan antara AS dan China telah menumbuhkan kemakmuran dan peluang bagi kedua negara, serta seluruh dunia.